Man United Vs Aston Villa, Bek Setan Merah Waspada Ketajaman El Ghazi Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Penyerang Aston Villa, Anwar El Ghazi, sedang berada dalam bentuk permainan terbaik dalam tiga pertandingan terakhir di kancah kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League.

Read More

El Ghazi mampu mencetak empat gol dari tiga pertandingan terakhir di ajang liga. Dia seakan menjelma menjadi senjata baru Aston Villa dalam membangun skema serangan dari sektor sayap kiri.

Ia seperti membayar lunas kepercayaan pelatih Dean Smith, yang baru memberinya kesempatan tampil sejak menit awal di pentas Premier League musim ini dalam laga menghadapi Burnley, Desember lalu.

Alasan sang pelatih untuk berpaling kepada El Ghazi berkaitan dengan cederanya gelandang Ross Barkley, sehingga Smith harus mengubah pola permainan timnya.

Smith mengganti skema permainan dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1 dalam empat pertandingan terakhir Premier League.

Tidak disangka perubahan tersebut, yang juga menggeser posisi Jack Grealish lebih sebagai gelandang serang, berbuah manis karena dalam kurun waktu tersebut timnya belum mengalami kekalahan.

Skema permainan tersebut juga mendorong kinerja El Ghazi di sektor ofensif Villa nampak menonjol, seperti terlihat dalam statistik yang dikutip KOMPAS.com dari laman resmi Premier League.

Eks pemain Ajax Amsterdam itu mencatatkan total 23 usaha tendangan dalam empat pertandingan terakhir, dengan 14 di antaranya mengarah tepat ke gawang lawan.

Menggunakan catatan empat gol milik El Ghazi dalam periode tersebut, berarti pemain 25 tahun itu menuntaskan sekitar 28,6 persen peluang bersih yang didapatnya menjadi gol.

Selain itu, El Ghazi juga total membuat sembilan operan kunci serta keberhasilan sebanyak 13 kali menggiring bola di daerah pertahanan lawan dalam kurun waktu yang sama.

Jika mampu membobol gawang Man United di ajang Premier League pada Jumat (1/1/2021) atau Sabtu pukul 03.00 dini hari WIB nanti, El Ghazi bisa menyamai rekor milik mantan penyerang Villa, Christian Benteke.

Benteke menjadi pemain terakhir Villa yang mencetak gol dalam empat pertandingan Premier League, yakni pada April 2013 lalu.

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, sepertinya sudah menyadari potensi ancaman dari El Ghazi jelang laga nanti.

“Saat ini El Ghazi menjadi pemain paling tajam dan seperti mampu mencetak gol dalam setiap laga,” ujar Solskjaer.

“Secara keseluruhan lini serang Aston Villa akan membuat anda selalu waspada dalam pertandingan, sehingga ada saat di mana tim lawan akan lebih fokus bertahan,” katanya lagi.

Bek kanan Man United, Aaron Wan-Bissaka, sepertinya akan mengemban tugas menghalangi El Ghazi memperoleh peluang optimal di wilayah pertahanan jika diturunkan oleh Solskjaer dalam laga nanti.

#Man #United #Aston #Villa #Bek #Setan #Merah #Waspada #Ketajaman #Ghazi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts