Begini Cara Mengelola Anggaran bagi Pemilik Gaji Harian Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki awal tahun baru, tak ada salahnya untuk menambah penghasilan.  Salah satunya melalui kerja dengan gaji harian. Bisa itu menjadi pekerja lepas, jasa antar kurir, bisnis rumahan, dan lain sebagainya.

Read More

Meski penghasilan didapatkan secara harian, penting bagi kamu untuk mulai kelola anggarannya. Menurut Perencanaan Keuangan Finansialku, Widya Yuliarti, CFP®, anggaran keuangan bisa membantu untuk mengetahui kemampuan keuanganmu.

“Anggaran keuangan membantu kamu untuk tahu rencana pengeluaran bulanan dan bisa set target pendapatan harian atau bulanan yang seharusnya kamu miliki. Sehingga, kamu akan terpacu untuk mendapatkan pendapatan sesuai dengan rencana pengeluaran bulanan kamu,” jelasnya.

Memang terkadang terasa sulit untuk mulai menganggarkan keuangan apalagi bagi kamu yang pemilik gaji harian.

Namun, jika tidak dimulai dan dibiasakan dari awal, bukannya untung yang kamu dapatkan di masa depan, melainkan hanya dapat lelah tanpa hasil di kemudian hari.

Lalu, bagaimana cara mengelola anggaran bagi pemilik gaji harian? Berikut tips dari Widya:

1. Tentukan apa yang kamu prioritaskan

Hal yang harus kamu pikirkan ketika mulai anggaran adalah menentukan apa yang ingin kamu prioritaskan.

Kamu bisa lakukan itu dengan menulisnya sebagai anggaran bulanan. Apa saja pengeluaran wajib yang kamu butuhkan, tidak bisa kamu hindari, apalagi kamu kurangi.

Pikirkan mengenai pemenuhan sandang, pangan, papan. Misalnya buat anggaran makan harian atau bulanan, transportasi, tagihan (listrik, air, kuota, pulsa, wifi, dll), asuransi, cicilan utang, nabung atau investasi, hingga donasi.

Buat porsi persenan masing-masing yang dianggap paling prioritas bagi kamu. Tentu dalam pembagian porsi persenan tetap disesuaikan dengan kemampuan dan penghasilan harian kamu.

2. Begitu dapat gaji, langsung pisahkan

Kata Widya, waktu yang tepat untuk mulai anggaran adalah setiap kamu mendapatkan pendapatan.

Bila kamu selesai melakukan langkah pertama, selanjutnya adalah memisahkan gaji harian yang telah kamu dapatkan. Pisahkan sepersekian gajimu untuk kebutuhan dan keinginanmu.

Jangan sampai kamu malah tergiur menggunakan gaji untuk hal-hal yang tidak perlu untuk dibeli. Kontrol diri adalah hal yang harus ditanamkan ketika sudah mendapatkan gaji.

3. Utamakan pengeluaran wajib terlebih dahulu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tentu kontrol diri perlu diterapkan, yaitu dengan mengutamakan pengeluaran wajib.

Jika pengeluaran wajib sudah kamu penuhi, maka kamu boleh berbelanja apa yang kamu inginkan. Namun tetap sesuaikan dengan kondisi keuangan kamu. Hindarkan pembelian barang yang membuat kamu boros dan terlalu konsumtif, bahkan hingga rela mengutang.

4. Tulis setiap pengeluaran

Widya menyarankan untuk menulis setiap pengeluaran, lengkap dengan tanggal yang harus kamu keluarkan. Sehingga, kamu punya ancang-ancang untuk menyiapkan uang di tanggal sekian untuk pembayaran A, dan tanggal sekian untuk pembayaran B.

Jika kamu merasa sulit untuk mencatat segala transaksi secara manual, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku. Selain mencatat, kamu juga bisa melacak segala transaksi yang pernah kamu lakukan, apakah melebihi budget bulanan atau tidak.

5. Jadikan acuan anggaran bulanan untuk dapatkan gaji harian lebih

Tentu untuk menjadikan anggaran bulanan untuk acuan kamu, maka kamu akan lebih semangat untuk mendapatkan gaji per bulan atau per hari.

“Misalnya, pengeluaran bulanan kamu mencapai 3 juta per bulan, maka per hari, seminimal mungkin kamu harus mendapatkan 100 ribu rupiah. Kalau bisa lebih tentu lebih baik,” jelas Widya.

Dari sini terlihat bahwa penting untuk kamu bisa melaporkan keuangan bulanan kamu. Mulai dari berapa banyak yang kamu keluarkan per hari dan per bulannya. Setelah itu, tentukan pekerjaan dengan gaji harian yang lumayan.(Retna Gemilang)

Artikel ini merupakan kerja sama dengan Finansialku.com. Isi di luar tanggung jawab Kompas.com

#Begini #Cara #Mengelola #Anggaran #bagi #Pemilik #Gaji #Harian #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts