Kilang Cilacap Kini Memproduksi Green Diesel dan Avtur Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap mulai melakukan uji coba produksi Green Diesel atau D 100 dan Green Avtur.

Read More

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengatakan, kedua produk tersebut berbahan dasar minyak kelapa sawit, dan diproduksi untuk memasifkan bahan bakar minyak ramah lingkungan.

Dengan berbagai sarana dan fasilitas yang sudah disiapkan Pertamina RU IV direncanakan bisa memroduksi BBM D-100, sebanyak 3.000 barrel per hari.

 

“Uji coba ini akan terus berlangsung hingga siap dan aman digunakan sebagai BBM yang bisa digunakan oleh masyarakat,” ujar Hatim dalam keterangan tertulis, Jumat (15/1/2021).

D 100 sendiri merupakan bahan bakar yang diproduksi dari hasil penyulingan kelapa sawit untuk menghilangkan asam lemak bebas serta penjernihan untuk menghilangkan warna dan bau.

“Sedangkan Avtur menggunakan Refined, Bleached and Deodorized Palm Kernel Oil atau minyak inti kelapa sawit,” kata Hatim.

Selain meningkatkan porsi BBM ramah lingkungan, D-100 diharapkan ampu menekan angka impor minyak yang terus membebani neraca dagang.

 

“Pengembangan produk BBM D-100 ini, diharapkan bisa memberikan efek positif yang lebih luas. Antara lain, agar bisa menekan impor minyak mentah yang bersumber dari energi fosil,” ucapnya.

#Kilang #Cilacap #Kini #Memproduksi #Green #Diesel #dan #Avtur #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts