Lokasi Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 di TPU Srengseng Sawah Segera Penuh Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan khusus jenazah pasien Covid-19 akan segera penuh dalam beberapa hari ke depan.

Read More

Hingga Sabtu (16/1/2021), sudah 264 jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan di TPU ini.

“Dalam kurun waktu kurang lebih 10 hari, kalau memang rata-rata nya 50 jenazah pasien Covid-19 yang dimakamkan per hari, ya akan habis. Mudah-mudahan makin ke sini makin menurun angka Covid-19,” kata Kepala Satuan Pelaksana Zona 15 selaku pengelola TPU Srengseng Sawah, Sutandyo saat dikonfirmasi, Minggu (17/1/2021).

Pihak pengelola TPU sendiri menyiapkan area seluas setengah hektare untuk lahan pemakanan jenazah pasien Covid-19. Lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 di TPU Srengseng Sawah berada di Blok Muslim.

Menurut Sutandyo, jenazah pasien Covid-19 berasal dari berbagai daerah di Jakarta. Setiap hari, pemakaman jenazah Covid-19 berlangsung sejak pagi sekitar pukul 07.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

“TPU Pondok Ranggon dan Tegal Alur kan sudah penuh, hanya tinggal sistem tumpang saja. Sementara TPU Rorotan belum siap,” ucapnya.

“Sambil menunggu TPU Rorotan siap, pemakaman jenazah pasien Covid-19 dialihkanlah ke TPU Srengseng Sawab. Mudah-mudahan TPU Srengseng Sawah masih bisa melayani, dan TPU Rorotan sudah siap,” tambah Sutandyo.

Pemakaman jenazah pasien Covid-19 dilakukan oleh Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) sebanyak 48 orang. PJLP yang menguburkan berasal dari beberapa zona TPU di Jakarta.

Sebelumnya, Kasatpel TPU Tegal Alur, Jakarta Barat Wawin Wahyudi menyebutkan, jenazah pasien Covid-19 di TPU Tegal Alur mulai dilimpahkan ke TPU Srengseng Sawah. Wawin menjelaskan, sebanyak 4.500 makam di blok Muslim TPU Tegal Alur telah terisi penuh.

Sistem pemakaman tumpang mulai digunakan di blok makam khusus jenazah pasien Covid-19 beragama Muslim TPU Tegal Alur pada Selasa (12/1/2021).

Lonjakan pemakaman tertinggi terjadi pada Minggu (3/1/2021), dengan jumlah pemakaman sebanyak 60 jenazah.

Lonjakan pemakaman di TPU Tegal Alur terjadi sejak periode libur akhir tahun 2020. 

Pemprov DKI tengah mempersiapkan lokasi baru pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Sebanyak 8.000 meter persegi sudah siap digunakan untuk 1.500 makam. Untuk tahap pertama, pemerintah menyiapkan dua hektar lahan dari total keseluruhan luas lahan mencapai 25 hektar.

Dua hektar lahan tersebut diestimasi dapat menampung hingga 5.000 jenazah pasien Covid-19.

Penggarapan lahan yang masih terus berjalan ini juga melibatkan UPKP di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, Dinas Bina Marga, Dinas Tata Air dan hingga tingkat Walikota, Kecamatan, dan Kelurahan.

#Lokasi #Pemakaman #Jenazah #Pasien #Covid19 #TPU #Srengseng #Sawah #Segera #Penuh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts