Jack Ma Muncul Kembali Setelah Menghilang 3 Bulan, Ini Kronologinya Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Teka-teki keberadaan Jack Ma, miliarder asal China sekaligus pendiri e-commerce Alibaba, yang sempat dikabarkan menghilang selama tiga bulan, akhirnya terkuak.

Read More

Mengutip , Rabu (20/1/2021) berdasarkan laporan Reuters, Jack Ma terlihat menyapa 100 guru di daerah pelosok China melalui konferensi video pada Rabu pagi.

Ini merupakan kemunculan pertama Jack Ma setelah dikabarkan hilang sejak bulan Oktober 2020 lalu.

Sempat jadi trending topic

Menghilangnya Jack Ma sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter Indonesia pada Senin (4/1/2021). Tagar Jack Ma menduduki posisi teratas dengan lebih dari 17 ribu twit.

Isu yang berkembang, Jack Ma mulai tidak terlihat di hadapan publik setelah dirinya melontarkan kritik kepada Pemerintah China yang dipimpin Presiden Xi Jinping.

Berikut kronologi menghilangnya Jack Ma, hingga akhirnya dia muncul kembali ke hadapan publik:

1. Kritik Pemerintah China

Seperti diberitakan , Senin (4/1/2021) pada sebuah acara di Shanghai, 24 Oktober 2020, Jack Ma melontarkan kritik terhadap Pemerintah China terkait sistem regulasi keuangan.

Pengusaha 56 tahun itu sempat menyindir Pemerintah China dengan menyebut sistem regulasi keuangan di China menghambat inovasi sehingga harus direformasi untuk mendorong pertumbuhan.

“Sistem keuangan saat ini adalah warisan era industri. Kita harus menyiapkan generasi baru dan generasi muda,” kata dia, sebagaimana diberitakan Reuters.

 

Tidak lama berselang, Administrasi Negara untuk Urusan Pasar (SAMR) China mulai melakukan investigasi terkait dugaan praktik anti-monopoli di perusahaan yang didirikan Jack Ma, Alibaba Group Holding Ltd.

2. Batal tampil di acara TV

Tanda-tanda menghilangnya Jack Ma mulai diketahui saat dia batal tampil di final acara TV “Dragons Den-style Africa’s Business Heroes” pada November 2020.

Fotonya juga dihapus dari halaman web panel penjurian acara tersebut.

Seperti diberitakan , Senin (4/1/2021) seorang juru bicara Alibaba mengatakan kepada Financial Times bahwa Jack Ma tidak bisa lagi menjadi bagian dari panel juri “karena bentrokan jadwal”.

Namun, beberapa pekan sebelum final, Jack Ma sempat mengunggah twit bahwa dia “tidak sabar” untuk bertemu kontestan.

Sejak saat itu, tidak ada aktivitas di akun Twitter ayah tiga anak itu, yang biasanya secara teratur mengunggah beberapa twit setiap hari.

3. Diduga “dihilangkan”

Dugaan bahwa Jack Ma “dihilangkan” oleh Pemerintah China menguat, karena adanya rekam jejak peristiwa serupa yang sudah pernah terjadi.

Beijing memiliki riwayat bertindak represif terhadap para kritikus pemerintah.

 

Sebelum kasus menghilangnya Jack Ma, seorang taipan properti, Ren Zhiqiang, menghilang setelah dia menyebut Presiden Xi seorang “badut” karena penanganannya terhadap krisis virus corona.

Teman-teman Zhiqiang mengatakan mereka tidak bisa menghubunginya dan 6 bulan kemudian dia dijatuhi hukuman 18 tahun penjara setelah dia “secara sukarela dan jujur” mengakui telah melakukan berbagai kejahatan korupsi.

Xian Jianhua, seorang pengusaha miliarder, diculik dari sebuah hotel di Hong Kong pada 2017 dan dibawa ke pusat daratan China.

Dia dikatakan masih dalam tahanan rumah lebih dari 3 tahun kemudian, tanpa kabar resmi dari lokasinya.

4. Sengaja menghindari sorotan publik

Meski demikian, rumor bahwa Jack Ma “dihilangkan” oleh Pemerintah China ditepis oleh laporan dari jurnalis CNBC, David Faber, seperti diberitakan , Selasa (5/1/2021).

Faber, yang mendapat informasi dari sumber anonim, mengatakan bahwa Jack Ma bukannya menghilang, melainkan sedang sengaja menghindari sorotan publik.

“Dia tidak ditangkap. Ini bukan situasi seperti Chairman Wu,” kata Faber.

Faber mengatakan, bos Alibaba itu kemungkinan besar berada di Kota Hangzhou, markas perusahaan Alibaba.

5. Kemunculan Jack Ma

Setelah tiga bulan menghilang dari publik, Jack Ma muncul kembali pada Rabu (20/1/2021) dalam video singkat berdurasi 50 detik.

Menurut laporan Reuters, dalam video tersebut Jack Ma menyampaikan sambutan kepada guru penerima penghargaan Jack Ma Rural Teachers Award.

“Kami tidak bisa bertemu di Sanya (kota di Provinsi Hainan) karena pandemi. Ketika pandemi berakhir, kita harus menemukan waktu untuk membawa semua orang ke Sanya lalu kita bisa bertemu lagi,” kata Ma dalam video.

Dia terlihat mengenakan pakaian berwarna navy dan berbicara singkat di depan kamera dengan ruangan yang berlatar belakan sebuah lukisan.

Namun, tidak disebutkan di mana Jack Ma berada.

(Sumber: Kompas.com/Luthfia Ayu Azanella, Dandy Bayu Bramasta, Wahyunanda Kusuma Pertiwi | Editor: Inggried Dwi Wedhaswary, Shintaloka Pradita Sicca, Reza Wahyudi)


#Jack #Muncul #Kembali #Setelah #Menghilang #Bulan #Ini #Kronologinya #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts