Menperin: Di Tengah Pandemi, Industri Sumbang “Double Digit” pada Investasi Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perindustrian ( Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan kontribusi sektor industri ke perekonomian nasional cukup signifikan selama pandemi virus corona (Covid-19).

Read More

Berdasarkan catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada Januari-Desember 2020, sektor industri menyumbang 33 persen atau sebesar Rp 272,9 triliun dari total nilai investasi nasional yang mencapai Rp 826,3 triliun.

Hasilnya, realisasi investasi secara nasional pada tahun lalu melampaui target yang dipatok sebesar Rp 817,2 triliun atau menembus 101,1 persen.

 

“Ini capaian yang sangat luar biasa di tengah kondisi pandemi. Bahkan, investasi sektor industri mampu tumbuh double digit,” katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (26/1/2021).

Agus menambahkan, pemerintah akan terus menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui implementasi berbagai kebijakan strategis. Seperti memberikan insentif dan kemudahan izin usaha bagi para pelaku industri.

“Kami akan all out agar kinerja sektor industri manufaktur bisa bangkit kembali di tengah masa pandemi saat ini. Capaian angka investasi ini membuat kami optimistis bahwa tahun 2021 akan menjadi tahun loncatan bagi upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

 

Adapun sektor-sektor yang masih jadi primadona para investor untuk menanamkan modalnya pada tahun ini antara lain industri makanan dan minuman, logam dasar, otomotif, serta elektronik.

“Kami juga akan dorong, antara lain pengembangan investasi di industri farmasi dan alat kesehatan,” ujar dia.

#Menperin #Tengah #Pandemi #Industri #Sumbang #Double #Digit #pada #Investasi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts