Ini Dia 10 Ponsel dengan Bentuk Unik dan Nyentrik Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Meski memiliki fungsi yang segudang, desain dan bentuk smartphone tidak banyak berbeda antara satu dengan yang lain.

Read More

Pada umumnya, sebuah smartphone memiliki layar yang luas pada bagian depan, memiliki poni atau lubang untuk kamera depan, serta kamera belakang yang terpatri di bagian punggung.

Hal ini berbeda dengan saat smartphone belum sepopuler sekarang. Kala itu, kebanyakan ponsel hanya bisa melakukan panggilan telepon atau SMS,

Selain fungsinya yang sangat terbatas, ponsel lawas juga memiliki desain yang terbilang anti mainstream. Tak hanya unik, bentuknya kadang bisa disebut “nyentrik” sebagai sebuah ponsel.

Nah, kira-kira ponsel jadul apa saja yang mengusung desain nyentrik? Berikut daftarnya sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Pocket Lint, Sabtu (30/1/2021).

1. Haier P7

Pocket lint Haier P7

Haier P7 memiliki bentuk yang sekilas mirip seperti pena atau pulpen berukuran besar. Ponsel yang dirilis pada tahun 2004 lalu itu hanya dibekali dengan layar kecil berbentuk persegi panjang, tombol pengaturan di bagian tengah, dan keyboard mini di bawahnya.

Meski ukurannya ringkas, namun Haier P7 memiliki kamera belakang dengan resolusi 0,3 Megapiksel.

Haier P7 juga diklaim merupakan ponsel yang awet baterai dan mampu bertahan hingga enam hari hanya dengan satu kali pengisian daya.

2. LG G Flex

LG G FlexPocket lint LG G Flex

LG G Flex dirilis pada tahun 2013. Meski masuk dalam kategori smartphone, LG G Flex memiliki desain unik dengan layar melengkung alias tidak presisi.

Karena bentuknya yang melengkung, otomatis baterai di dalamnya pun mengikuti desain bodi secara keseluruhan.

3. Motorola Flipout

Motorola FlipoutPocket lint Motorola Flipout

Flipout merupakan ponsel Android besutan Motorola yang dirilis pada 2010. Ponsel ini mengusung desain swivel (putar).

Ketika ingin menggunakan keyboard, pengguna cukup memutar layar ke sisi atas agar keyboard yang tersembunyi bawahnya terbuka.

Selain Motorola Flipout, desain serupa juga diadopsi oleh dua merek ponsel lokal yakni Nexian She dan Mito LuxBerry 301.

4. Motorola V70

Motorola V70Pocket lint Motorola V70

Motorola V70 yang diluncurkan pada 2002 silam memiliki keunikan layarnya yang berbentuk bulat dan bagian penutup keypad bisa diputar 360 derajat.

Layaknya ponsel jadul, Motorola V70 masih dilengkapi dengan antena, tombol angka, dan layar monokrom.

Terlepas dari bentuknya unik, namun ponsel ini sudah mendukung koneksi GPRS sehingga penggunanya bisa terhubung dengan internet meskipun sangat terbatas.

5. Nokia 7700

Nokia 7700Pocket lint Nokia 7700

Desain ponsel ini sekilas mirip perangkat konsol game. Sisinya memiliki lengkungan
yang khas.

Berbeda dari ponsel pada umumnya, layar Nokia 7700 berada di tengah dan diapit oleh tombol fisik di sisi kanan dan kiri.

Tombol navigasi di bagian kiri tampak seperti tombol pada gamepad. Ponsel yang dirilis pada tahun 2003 ini sudah dibekali dengan layar sentuh seluas 3,5 inci dengan resolusi 640 x 320 piksel.

Konon, ponsel ini mengadopsi desain dari Nokia N-gage yang dirilis pada 2001.

6. Samsung Galaxy Round

Samsung Galaxy RoundPocket lint Samsung Galaxy Round

Sama seperti LG Flex, Samsung Galaxy Round juga memiliki bentuk yang melengkung. Namun, arah lengkungannya berbeda.

Alasan desain melengkung tersebut tak lain adalah agar pengguna merasa nyaman ketika menggenggam ponsel ini hanya dengan satu tangan.

Bentuk Galaxy Round bisa dibilang unik lantaran layarnya melengkung bukan dari atas ke bawah melainkan dari kiri ke kanan.

7. Samsung Matrix

Samsung MatrixPocket lint Samsung Matrix

Ponsel ini adalah dibuat oleh Samsung guna merayakan film The Matrix yang dibintangi oleh Keanu Reeve.

Matrix dirilis pada tahun 2003. Ponsel ini mengusung layar dengan resolusi 128 x 160 piksel.
Dengan dimensi ukuran 115 x 58 x 20,1 mm, Matrix dibekali baterai berkapasitas 1.000 mAh.

Secara desain, ponsel ini memiliki keypad numerik dan beberapa tombol menu atau pengaturan lainnya yang tersusus di bagian tengah.

8. Toshiba G450

Toshiba G450Pocket lint Toshiba G450

Toshiba G450 mengusung desain unik dengan menempatkan keypad dan layar ke dalam dua bagian lingkaran yang berbeda. Total ada tiga lingkaran di ponsel ini.

Lingkaran paling atas berisi layar LCD monochrome sementara dua lingkaran lainnya berisi keypad dan tombol menu pengaturan ponsel.

Untuk ukuran sebuah ponsel, layar Toshiba G450 tergolong kecil, sehingga untuk membaca pesan masuk, pengguna harus menatap layar dengan jarak yang cukup dekat.

9. Siemens Xelibri

Siemens XelibriPocket lint Siemens Xelibri

Xelibri adalah ponsel yang dirancang untuk aksesori fashion yang dirilis pada 2004. Xelibri memiliki berbagai macam bentuk dan varian yang memang dipasarkan untuk menunjang kebutuhan fashion.

Karena tidak diproduksi dalam jumlah yang banyak, maka harga ponsel ini kala itu terbilang cukup mahal.

10. Palm Phone

Palm PhonePocket lint Palm Phone

Palm Phone memiliki ukuran yang sangat mungil. Ukuran layarnya hanya 3,3 inci dengan resolusi 720 x 1.280 piksel. Layar tersebut berjenis LCD dengan kerapatan layar 445 ppi.

Sudut bodi ponsel ini didesain melengkung, seolah menambah kesan mungil. Karena ukurannya tergolong mini, maka ponsel ini aman jika digenggam hanya dengan satu tangan.

Ponsel ini juga sudah dibekali sistem operasi Android.

#Ini #Dia #Ponsel #dengan #Bentuk #Unik #dan #Nyentrik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts