PLN: Sekarang Harga Mobil Listrik Masih Mahal Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT PLN (Persero) menyatakan harga mobil listrik masih mahal. Hal itu tak lepas dari pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Read More

“Tapi memang sekarang harganya (mobil listrik masih) mahal karena PPnMB, saya kira sekitar 30 persen,” kata Direktur Mega Proyek PLN M Ikhsan Asaad dalam gelaran rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Senin (1/2/2021).

Meski begitu ia mengatakan, biaya bahan bakar mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil konvensional. Bahkan, biaya operasional mobil listrik disebut 5 kali lebih murah dibanding mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Rata-rata kendaraan konvensional disebut membutuhkan 1 liter BBM untuk jarak tempuh 10 kilometer (km), sementara mobil listrik rata-rata membutuhkan bahan bakar sebesar 5 kilowatt hour (kWh) untuk jarak tempuh 50 km.

“Salah satu komisaris (PLN) dari Jakarta ke Bali, Denpasar, itu kalau menggunakan mobli listrik, itu Rp 200.000-an biaya listriknya. Sementara itu kalau menggunakan kendaraan internal combustion engine (ICE) kurang lebih Rp 1,2 juta,” tuturnya

Untuk mendukung percepatan penggunaan mobil listrik, Ikhsan menambah, PLN telah menyediakan berbagai insentif bagi para pemilik mobil listrik. Seperti misalnya, diskon tarif listrik sebesar 30 persen untuk pengisian baterai kendaraan di rumah, pada pukul 22.00-05.00.

“Kami memang mendorong supaya lebih banyak lagi men-charge (kendaraan listrik) di rumah,” ujarnya.

Selain itu, PLN juga telah bekerja sama dengan berbagai dealer kendaraan listrik, untuk memberikan bantuan penambahan daya listrik di rumah pelanggan.

Sampai dengan saat ini, PLN pun telah mengoperasikan 32 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) yang tersebar di 22 lokasi di Indonesia. Rencananya, keberadaan SPKLU akan terus ditambah ke depannya.

“Kami PLN dalam Perpres 55 ditugaskan untuk pertama kalinya mengembangkan SPKLU atau charging station,” ucapnya.

#PLN #Sekarang #Harga #Mobil #Listrik #Masih #Mahal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts