Tesla Batal Kunjungi Indonesia Karena Pembatasan WNA

  • Whatsapp
tesla batal kunjungi Indonesia
tesla batal kunjungi Indonesia

Jodi Mahardi selaku juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi menegaskan ke media bahwa tim perusahaan otomotif ternama di dunia yaitu Tesla Inc menunda keberangkatannya ke Indonesia. Bukan sekali Tesla batal kunjungi Indonesia, ini sudah kedua kalinya.

Sebelum Tesla batal kunjungi Indonesia pada bulan Februari ini, perusahaan besutan Elon Musk tersebut  juga pernah menunda kunjungannya ke Indonesia pada awal Januari lalu. Jika sebelumnya alasan Tesla adalah tingginya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, kali ini perusahaan tersebut memiliki alasan mengikuti kebijakan pemerintah Indonesia adanya larangan warga negara asing (WNA) masuk ke Indonesia.

Read More

“Mereka mematuhi kebijakan dari Pemerintah Indonesia. Karena ini kan ada aturan Warga Negara Asing tidak boleh masuk dulu ke Indonesia,”  ujar Jodi dikutip dari Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Meskipun sudah dua kali Tesla batal kunjungi Indonesia, hal ini tidak membuat tim Tesla mundur dari rencana untuk berinvestasi di Tanah Air. Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi telah berkomunikasi dengan tim Tesla

“Ada lima kali Pak Luhut melakukan kontak komunikasi dengan mereka (tim Tesla),” ujar Jodi.

Jodi menambahkan, dalam waktu dekat ini, rencananya tim Tesla dengan Pemerintah Indonesia akan meneken surat perjanjian kerahasiaan dalam hal investasi atau nondisclosure agreement (NDA). Sayangnya, Jodi memilih untuk tidak menjelaskan lebih rinci investasi apa saja yang diinginkan oleh Tesla di Indonesia.

“Rencananya dalam waktu dekat ini, mungkin pekan ini, tim Tesla dengan tim kita (Kemenko Marves) akan menandatangani nondisclosure agreement atau NDA,” ungkap Jodi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah mengundang CEO Tesla, Elon Musk untuk berbincang mengenai rencana berinvestasi di Indonesia melalui telepon pada tanggal 11 Desember 2020 lalu. Baik Jokowi maupun Elon Musk, keduanya bertukar pandang mengenai industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik.

Selain itu, Jokowi juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai lokasi launching pad Space X. Elon musk sendiri sudah memiliki rencana untuk mengirim timnya ke Indonesia dengan tujuan menjajaki semua peluang kerjasama antara Tesla dan Indonesia.

Related posts