Luhut: Kesepakatan NDA RI-Tesla Telah Diteken Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kesepakatan Non-Disclosure Agreement (NDA) antara Pemerintah Indonesia dengan tim dari perusahaan otomotif listrik terbesar di Amerika Serikat (AS), Tesla telah ditandatangani.

Read More

Bahkan, kesepakatan ini terjadi tanpa harus bertemu fisik. Luhut pun menyatakan kerap berkomunikasi melalui saluran virtual.

“Kami sudah enam kali vidcall dan NDA sudah ditandatangani, saya pikir hari ini atau besok, kami akan terima proposal dari mereka,” katanya melalui tayangan virtual, Rabu (3/2/2021).

Walaupun telah terjadi penandatanganan perjanjian rahasia dalam hal investasi atau NDA antar kedua negara, namun Luhut masih enggan mengungkapkan isi dari perjanjian tersebut.

“Kita belum tahu seberapa besar, tetapi yang kami tahu dan sebenarnya kami tidak terlalu bisa men-disclose detail ke publik,” kata dia.

Sebagai informasi, awalnya perwakilan tim Tesla yang diutus oleh CEO SpaceX Elon Musk untuk datang ke Indonesia direncanakan pada Januari tahun ini. Kemudian, dikabarkan lagi diundur pada Februari 2021.

Namun, Juru bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan bahwa tim Tesla masih menunggu pencabutan kebijakan dari pemerintah terkait larangan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Indonesia.

“Bukan batal, tetapi masih menunggu restriksi pembatasan kunjungan orang asing dicabut,” kata Jodi kepada Kompas.com.

#Luhut #Kesepakatan #NDA #RITesla #Telah #Diteken #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts