Stasiun Pasar Senen Tambah 4 Unit Alat Tes GeNose C19 Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat, sebanyak 3.280 penumpang kereta api jarak jauh telah menggunakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Read More

Jumlah itu didapat dari tanggal 3 hingga 6 Februari 2021 kemarin.

“Untuk meningkatkan layanan,  mulai hari Sabtu (6/2/2021) perangkat GeNose 19 di Stasiun Pasar Senen ditambah 4 unit, secara keseluruhan kini terdapat 10 perangkat yang beroperasi,” ujar Kepala Humas KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keteranga tertulisnya, Minggu (7/2/2021).

Eva menambahkan, pihaknya juga telah membuat alur pemeriksaan GeNose C19 terbagi menjadi tiga zona, yakni zona administrasi, zona pengambilan sampel/pengisian kantong udara dan zona pemberian berkas hasil tes untuk calon penumpang.

Hal ini dilakukan agar layanan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dapat berjalan kondusif dan tetap mengutamakan protokol pencegahan Covid-19.

“Seluruh zona diatur dan dipisahkan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia.

Adapun sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dengan Transportasi Perkeretaapian dalam masa Pandemi Covid-19 dan SE Satgas Covid-19 No 5 Tahun 2021, pelanggan KA Jarak Jauh diharuskan menunjukkan surat keterangan hasil pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang menyatakan Negatif Covid -19 sebagai syarat kesehatan bagi individu yang melakukan perjalanan.

Surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari pemeriksaan GeNose Test atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR tersebut, sampelnya diambil dalam kurun maksimal 3×24 jam sebelum jam keberangkatan.

Persyaratan tersebut tidak diwajibkan bagi pelanggan yang berusia di bawah 12 tahun.

Di area Daop 1 Jakarta layanan pemeriksaan deteksi Covid 19 melalui hembusan napas atau yang dikenal dengan GeNose C19 ini tersedia di Stasiun Pasar Senen dan telah beroperasi mulai 3 Feb 2021.

#Stasiun #Pasar #Senen #Tambah #Unit #Alat #Tes #GeNose #C19 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts