Kiper Persib U19 Tak Minder Berstatus Pemain Termuda di Timnas U22 Halaman all

  • Whatsapp

BANDUNG, KOMPAS.com – Erlangga Setyo tercatat sebagai pemain termuda yang dipanggil dalam pemusatan latihan timnas U22 Indonesia. Kiper Persib U-19 itu baru berusia 17 tahun.

Read More

Tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Erlangga karena pada usianya terbilang masih sangat muda, dia sudah mendapat panggilan ke timnas U22.

Terlebih lagi, ini merupakan panggilan keduanya selama era kepelatihan Shin Tae-yong. Sebelumnya, Erlangga juga dipanggil ke skuad timnas U19.

Sejatinya, Erlangga bukan satu-satunya pemain dari timnas U19 yang promosi ke tim U22. Ada tujuh pemain lainnya, yakni Rizky Ridho (Persebaya), Pratama Arhan (PSIS), Bagas Kaffa (Barito Putera), Irfan Jauhari (Bali United), Braif Fatari (Persija), Saddam Emiruddin (PSS), dan Genta Alparedo (Semen Padang).

Meski begitu, dari segi usia, Erlangga masih tercatat sebagai yang paling muda. Para pemain yang promosi dari timnas U19 ke U22 rata-rata usianya sudah mencapai 18 hingga 19 tahun.

Tercatat sebagai pemain termuda, Erlangga tak lantas minder. Agar bisa menembus skuad utama, Erlangga harus bersaing dengan nama-nama seperti Nadeo Argawinata (Borneo FC), Muhammad Riyandi (Barito Putera), dan Muchamad Aqil Savik (Persib).

Secara usia dan pengalaman, ketiga kiper tersebut memang berada di atas Erlangga. Namun, Erlangga enggan menjadikan hal tersebut sebagai beban. Menurut dia, persaingan adalah hal yang wajar dalam sepak bola.

Terlebih lagi, Erlangga merasa beruntung bisa bergabung bersama Nadeo, Riyandi, dan Aqil yang sudah lebih berpengalaman sehingga dia bisa belajar dan menyerap banyak ilmu dari ketiganya.

“Kalau persaingan kan sebenarnya hal yang wajar. Ya, bersaing sehat karena pada dasarnya kami semua saling dukung,” kata Erlangga, Jumat (12/02/2021).

Kehadiran Aqil Savik menjadi motivasi tersendiri bagi Erlangga. Dia mengaku sangat mengidolai sosok Aqil, seniornya di tim Persib, sehingga Erlangga memiliki target untuk bisa menyamai level Aqil.

“Angga punya motivasi sendiri, terutama ada Bang Aqil, bisa-lah (kemampuan berkembang) dibawanya sedikit dari Bang Aqil,” kata Erlangga.

Perihal target, Erlangga enggan muluk-muluk. Dengan usianya yang masih relatif muda, memang agak sulit baginya langsung dipercaya menjadi kiper utama di timnas U22.

Hanya, Erlangga akan memanfaatkan momen tersebut untuk terus mengasah potensinya.

Sebab, masih banyak ajang internasional bergengsi yang bisa diikuti Erlangga bersama timnas Indonesia.

Salah satunya, Piala Dunia U20 yang akan digelar pada 2023 mendatang. Secara usia, Erlangga masih bisa tampil dalam ajang yang sebelumnya akan digelar pada 2021 itu.

“Mungkin pelatih punya rencana lain, mungkin buat menyiapkan saya untuk Piala Dunia dan Piala AFC 2023, ya mungkin itu,” tutur Erlangga.

“Jadi, Insya Allah saya pasti akan berusaha dan kerja keras agar bisa masuk skuad inti di timnas,” kata dia.

Pemusatan latihan timnas U22 ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 8 hingga 28 Februari 2021, di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat. Pemusatan latihan ini digelar sebagai persiapan sebelum tampil dalam SEA Games 2021 Vietnam.

#Kiper #Persib #U19 #Tak #Minder #Berstatus #Pemain #Termuda #Timnas #U22 #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts