Ini 7 Perusahaan Pembuat Mobil Terbesar di Dunia Halaman all

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Kehidupan yang dituntut serba cepat membuat kebutuhan kendaraan pribadi terus meningkat dari tahun ke tahun. Produsen mobil pun berlomba-lomba menyediakan mobil yang menjual berbagai keunggulan seperti kemewahan, harga, desain, hingga efisiensi bahan bakar.

Read More

Namun di sisi lain, peningkatan populasi kendaraan di berbagai kota di dunia membuat jalanan semakin macet. Kemacetan bahkan mulai merambah kota-kota kecil, tak terkecuali di Indonesia. 

Mengingat bahwa banyak orang yang menggunakan mobil, tidak mengherankan bahwa pabrikan mobil jadi salah satu perusahaan yang paling bernilai di dunia dengan pendapatan miliaran dollar per tahun.

Berikut ini daftar 7 perusahaan pembuat mobil terbesar di dunia yang dirangkum berdasarkan pendapatan yang dirilis masing-masing perusahaan pada tahun 2019 pada Senin (15/2/2021).

1. Toyota

Selama beberapa tahun terakhir, Toyota Motor Corp hampir selalu nangkring di peringkat pertama sebagai produsen mobil dengan pendapatan terbesar di dunia.

Raksasa otomotif Jepang tersebut membukukan pendapatan sebesar 272 miliar dollar AS di tahun 2019 lalu atau yang paling besar di antara perusahaan otomotif lainnya secara global. 

2. Volkswagen

Di posisi kedua perusahaan otomotif terbesar dunia ditempati oleh pabrikan Jerman, Volkswagen. Perusahaan ini adalah pemilik merek dari Audi, Porsche, Buggati, dan Lamborghini.

Sebagai penguasa pasar di jalanan Benua Eropa, Volkswagen mencatatkan pendapatan sebesar 252 miliar euro. Perusahaan ini berbasis di Wolfsburg.

3. Daimler

Daimler adalah perusahaan otomotif terbesar ketiga di dunia sekaligus terbesar kedua di Jerman dari sisi revenue. Pendapatan Damiler pada tahun 2019 adalah 173 miliar euro atau sekitar 193 miliar dollar AS.

Daimler adalah pemilik dari merek Mercedez Benz, Daimler, Western Star, hingga truk Fuso. Pusat produksi dan kantor perusahaan ini berlokasi di Stuttgart. 

4. Ford

Ford sejauh ini jadi pabrikan mobil terbesar di Amerika Serikat. Di dunia, posisinya berada di peringkat keempat.

Pendapatan Ford pada tahun 2019 lalu adalah sebesar 155,9 miliar dollar AS. Beberapa merek kenamaan mili Ford antara lain Fusion, Mustang, Edge, Escape, F-150, dan Ranger.

5. Honda

Pabrikan Jepang terbesar kedua setelah Toyota yakni Honda menempati urutan kelima sebagai produsen mobil terbesar dunia.

Pendapatan Honda pada tahun 2019 adalah sebesar 143 miliar dollar AS. Beberapa merek kenamaan Honda antara lain Civic, Odyssey, dan Accord. Di Indonesia, Honda memiliki merek Brio dan Jazz yang cukup paling laris.

6. General Motors

General Motors adalah perusahaan mobil paling populer di AS setelah Ford. Tak hanya mobil, perusahaan ini juga memproduksi berbagai macam truk.

Merek utama yang dimiliki General Motors adalah GMC, Chevrolet, Cadillac, dan Buick. Pada tahun 2019, General Motors mencatatkan pendapatan sebesar 137 miliar dollar AS.

7. BMW

Bayerische Motoren Werke atau orang lebih mengenalnya sebagai BMW, merupakan perusahaan otomotif Jerman terbesar selanjutnya. Perusahaan ini berada di urutan ketujuh produsen mobil terbesar di dunia.

BMW adalah pemilik merek dari kendaraan Mini, BMW, dan Rolls Royce. Pendapatan BMW pada tahun 2019 adalah sebesar 104 miliar euro atau sekitar 114 miliar dollar AS.

#Ini #Perusahaan #Pembuat #Mobil #Terbesar #Dunia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts