UPDATE: Peserta KIP Kuliah yang Daftar SNMPTN Tak Perlu Input Nomor KIP Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 bagi penerima KIP Kuliah sempat terkendala karena masalah teknis pada Rabu (17/2/2021).

Read More

Persoalan itu diatasi dengan memperbarui ketentuan pendaftaran.

Tim Teknis KIP Kuliah Sony H Wijaya mengatakan, ketentuan pendaftaran SNMPTN bagi penerima KIP Kuliah telah diperbarui pada Kamis (18/2/2021) petang.

“Iya, barusan koordinasi dengan LTMPT,” ujar Sony kepada Kompas.com, Kamis (18/2/2021).

Sebelumnya, peserta SNMPTN yang juga penerima KIP Kuliah perlu meng-input nomor KIP Kuliah di laman SNMPTN.

Kini, hal itu tak perlu dilakukan. 

“Untuk memberikan kemudahan bagi peserta KIP-Kuliah yang mengikuti seleksi SNMPTN, siswa peserta KIP-Kuliah tidak perlu meng-input nomor KIP-Kuliah di halaman pendaftaran SNMPTN-LTMPT,” kata Sony.

Dengan demikian, peserta KIP-Kuliah jalur seleksi SNMPTN cukup melengkapi berkas pendaftaran KIP-Kuliah dan memilih seleksi SNMPTN di menu “SELEKSI SIM KIP-Kuliah”.

Sinkronisasi antara SIM KIP-Kuliah dan SIM Pendaftaran SNMPTN-LTMPT akan dilakukan secara otomatis dan berkala melalui mekanisme host-to-host (berlaku bagi yang sudah finalisasi maupun yang belum).

Sony menjelaskan, dengan adanya ketentuan baru tersebut, peserta SNMPTN bisa langsung melakukan finalisasi setelah yakin semua data yang di-input benar.

Bagi mereka yang telanjur finalisasi tanpa memasukkan nomor KIP, tak akan menjadi persoalan.

“Iya, aman,” kata dia.

Sony menyebutkan, pemerintah melalui Puslapdik Kemendikbud terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi seluas-luasnya bagi seluruh siswa di Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, di media sosial Twitter, sejumlah warganet mengutarakan kesulitannya dan meminta pihak LTMPT untuk segera membuka akses pengisian Nomor Pendaftaran KIP Kuliah.

Masalah ini muncul saat pendaftar dengan KIPK akan melakukan finalisasi, tetapi kolom input untuk nomor KIPK belum dibuka oleh LTMPT.

Padahal, masa pendaftaran SNMPTN relatif singkat, yakni hanya sampai 24 Februari 2021.

Hingga Kamis (18/2/2021), siswa yang mendaftar KIP Kuliah masih belum bisa menyelesaikan pendaftaran SNMPTN, karena belum sinkronnya sistem keduanya.

Lalu solusi sementara yang diberikan adalah menahan finalisasi bagi peserta KIP Kuliah. Finalisasi adalah satu tahap sebelum tahap terakhir pendaftaran SNMPTN.

 

#UPDATE #Peserta #KIP #Kuliah #yang #Daftar #SNMPTN #Tak #Perlu #Input #Nomor #KIP #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts