Spotify Hapus Ratusan Lagu K-Pop Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Platform streaming musik Spotify menghapus ratusan lagu dari musisi asal Korea Selatan. Spotify menghapus lagu-lagu milik musisi yang berada di bawah naungan co-publisher Kakao M, seperti IU, Zico, dan masih banyak lagi.

Read More

Hal itu disebabkan kesepakatan kontrak antara Kakao M dengan Spotify telah berakhir. Sampai saat ini, kedua perusahaan masih mengupayakan kesepakatan baru. Padahal, Spotify baru meluncur di Korea Selatan 1 Februari lalu.

Juru bicara Spotify membenarkan jika katalog lagu dari Kakao M tidak tersedia lagi bagi para pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021.

Menurut pihak Spotify, kerja sama dengan Kakao M sudah berlangsung lebih dari satu setengah tahun.

“Terlepas dari upaya kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (mencakup seluruh negara selain Korea Selatan) telah berakhir,” kata juru bicara Spotify, dikutip KompasTekno dari NME, Senin (1/3/2021).

Spotify pun menyayangkan belum tercapainya kesepakatan antara pihaknya dan Kakao M. Menurut Spotify, hal tersebut merugikan artis serta penggemar dan pendengar Spotify di seluruh dunia.

“Kami berharap gangguan ini hanya bersifat sementara dan kami bisa segera menyelesaikan situasi tersebut,” kata juru bicara Spotify.

“Kami tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemegang lisensi lokal, termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan bersama-sama,” lanjut mereka.

Kakao M diketahui cukup banyak mendistribusikan lagu-lagu K-pop populer, di mana 37,5 persen dari lagu-lagu tersebut, masuk ke Top 400 Yearly Chart 2020 dari Gaon Music Chart.

Untuk diketahui, induk perusahaan Kakao M juga memiliki platform streaming lain yakni MelOn, yang menjadi salah satu platform musik digital papan atas di Korea Selatan.

Akibat penghapusan ini, banyak fans K-pop dunia, terutama yang berada di luar Korea Selatan mengeluh karena lagu dari musisi favoritnya hilang dari daftar putar (playlist). 

Sejumlah pengguna Spotify di Indonesia juga mengeluhkan hal tersebut di Twitter. Salah satunya akun dengan handle @.scorteeo.

“sumpah y kalo kpop bener2 ilang dr spotify fix uninstall aj. takde guna,” tulisnya.

Hal yang sama juga dilontarkan oleh akun dengan handle @.mootheworldjeje.

“Kakao m kenapa yak? Kasian listener global kan, kalo org korea kan bisa pake melon, spotify satu satunya jalan ninja ku buat dengerin lagu lagu mereka,” tulisnya.


#Spotify #Hapus #Ratusan #Lagu #KPop #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts