Mengenal BWF, Federasi Bulu Tangkis Dunia Halaman all

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Badminton World Federation (BWF) atau Federasi Bulu Tangkis Dunia tengah banyak diperbincangkan menyangkut tersingkirnya atlet Indonesia dari ajang turnamen bergengsi All England.

Read More

Penarikan mundur tim Indonesia dari laga internasional itu memantik kecewa dari warganet. Sehingga akun resmi BWF di instagram, diserbu kritikan dari warganet asal Indonesia yang meminta keadilan.

Namun, Ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Agung Firmansah Sampurna, sudah memberikan pernyataan bahwa bukan BWF yang bertanggungjawab terhadap penarikan mundur tim Indonesia. Melainkan National Health Service (NHS).

“Itu aturan negara setempat, ada yang namanya NHS, itu adalah lembaga independen di Inggris. Kita ingin adalah adanya transparansi sekarang. (Dengan) BWF tak ada masalah,” begitu papar Agung, seperti yang diberitakan (18/03/2021). 

BWF sendiri memang telah memberikan pengumuman resmi terkait penarikan tim Indonesia ini.

Diberitakan, bahwa tim Indonesia sudah dihubungi oleh pihak NHS dan diharuskan melakukan karantina terkait penemuan adanya penumpang positif Covid-19 di pesawat yang sama seperti yang ditumpangi tim Indonesia.

 

Sejarah BWF

BWF adalah organisasi internasional olahraga bulu tangkis. Pertama kali berdiri di tahun 1934, dengan nama International Badminton Federation atau IBF. 

Awalnya, IBF hanya beranggotakan 9 negara. Yaitu Kanada, Denmark, Perancis, Inggris, Irlandia, Belanda, Selandia Baru, Skotlandia dan Wales.

Makin berkembang, BWF kini memayungi 165 asosiasi bulu tangkis dari berbagai penjuru dunia.

Awalnya, BWF berkantor pusat di Cheltenham, Inggris. Baru pada 1 Oktober 2005, kantor pusat BWF berpindah ke Kuala Lumpur Malaysia.

Dipimpin oleh presiden federasi yaitu Poul Erik Høyer Larsen, BWF memayungi organisasi-organisasi bulu tangkis regional yaitu Konfederasi Bulu Tangkis Asia, Bulu Tangkis Eropa, Bulu Tangkis Pan Am, Konfederasi Bulu Tangkis Afrika, dan Bulu Tangkis Oseania.

Dalam BWF, ada beberapa turnamen internasional yang diselenggarakan rutin. Yaitu Olimpiade Musim Panas, Kejuaraan Dunia BWF, Kejuaraan Dunia Junior BWF, Piala Thomas, Piala Uber, Piala Sudirman, dan Tur Dunia BWF.

Piala Sudirman 2021 sendiri sudah resmi ditunda. Ajang Piala Sudirman sejatinya akan dilangsungkan pada 23-30 Mei 2021.

Pixabay/Moerschy Ilustrasi BWF

Tapi karena turnamen lain juga menggeser waktu, maka Piala Sudirman pun ikut tertunda pelaksanaannya. Seperti diberitakan (22/02/2021), Piala Sudirman rencananya akan digelari di Nanning, China. 

AGM memegang otoritas tertinggi

Dalam menjalankan kewenangan-kewenangannya, BWF memiliki struktur organisasi yang bertugas menjalankan progran-program rutin hariannya.

Pemegang otoritas tertinggi adalah Annual General Meeting, yang menerbitkan keputusan setelah rapat dijalankan. Hasil dari keputusan AGM dipublikasikan secara luas, dan dapat diunduh di laman resmi BFW. 

Rapat tahun lalu dilangsungkan di Laussane, Swiss, pada tanggal 18 dan 19 Februari 2020.

BWF terdaftar di bawah Undang-Undang Organisasi Internasional tahun 1992 di Malaysia, dimana di dalamnya terkandung hak istimewa juga kekebalan. 

      

#Mengenal #BWF #Federasi #Bulu #Tangkis #Dunia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts