12 Faktor Risiko Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Mengenal beragam faktor risiko penyakit jantung baik dilakukan sebagai langkah antisipasi terjadinya penyakit mematikan ini.

Semakin cepat Anda dapat mengidentifikasi dan mengelola faktor risiko penyakit jantung Anda, maka kian besar pula peluang Anda untuk bisa menjalani hidup dengan jantung tetap sehat.

Penelitian ekstensif telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung koroner.

Penyakit jantung koroner adalah istilah umum untuk menggambarkan kondisi penumpukan plak di arteri jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak.

Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki dan semakin besar tingkat setiap faktor risiko Anda, maka kian tinggi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung koroner.

Secara umum faktor risiko penyakit jantung dapat dibagi ke dalam tiga kategori besar.

Ini termasuk:

  • Faktor risiko utama: Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor-faktor ini secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular)
  • Faktor risiko yang dapat dimodifikasi: Beberapa faktor risiko utama dapat dimodifikasi, diobati atau dikendalikan melalui pengobatan atau perubahan gaya hidup
  • Faktor risiko yang berkontribusi: Faktor ini dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, tetapi signifikansi dan prevalensinya belum ditentukan

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai beragam faktor risiko penyakit jantung turunan dari tiga kategori tersebut yang layak diwaspadai:

1. Betambahnya usia

Mayoritas orang yang meninggal karena penyakit jantung koroner adalah berusia 65 tahun ke atas.

#Faktor #Risiko #Penyakit #Jantung #yang #Harus #Diwaspadai

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts