Benarkah Minum Air Hangat Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar anggapan mengenai minum air hangat atau air panas bisa bantu menurunkan berat badan?

Bagaimana pendapat Anda?

Percayakah akan hal tersebut? Atau Anda memandang bahwa minum air hangat tidak ada bedanya dengan minum air dingin?

Jika merangkum Live Strong, anggapan tentang minum air hangat dapat membantu menurunkan berat badan adalah mitos.

Anggapan yang dinilai sebagai mitos di sini yakni soal dasar pemikiran bahwa sistem pencernaan Anda perlu menurunkan air panas ke suhu inti tubuh Anda untuk menyerap air, yang -menurut mitos- membakar beberapa kalori dan meningkatkan metabolisme Anda dalam prosesnya.

Meskipun benar bahwa tubuh Anda menggunakan sekitar 10 kalori untuk mencerna 100 kalori, Anda nyatanya tidak mengeluarkan banyak energi untuk menyerap air, tidak peduli suhu air yang masuk ke sistem pencernaan.

Selain itu, minum air hangat atau air panas tidak akan mempercepat metabolisme tubuh Anda.

Di mana, tingkat metabolisme tubuh Anda cukup stabil dan sebagian besar ditentukan oleh ukuran dan komposisi tubuh, usia, jenis kelamin, serta genetika masing-masing.

Namun, melansir Medical News Today, penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism pada 2003, menemukan bahwa beralih dari minum air dingin ke air panas dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Penelitian menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

#Benarkah #Minum #Air #Hangat #Bisa #Bantu #Turunkan #Berat #Badan

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts