5 Fakta Pilihan pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Ronaldo dan Haaland Senasib

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Rangkaian Kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk Zona Eropa telah dimulai pada Kamis (25/3/2021) dini hari WIB.

Read More

Beberapa negara seperti Belanda, Perancis, Belgia, Kroasia, Portugal, hingga Norwegia yang memiliki bintang muda bernama Erling Braut Haaland sudah memainkan pertandingan pertama.

Hasilnya, Belgia, Norwegia, dan Portugal yang diperkuat megabintang sekelas Cristiano Ronaldo kompak meraih kemenangan.

Sementara itu, Belanda dikejutkan permainan apik Turki dan harus menelan kekalahan. Selanjutnya, Perancis selaku jawara Piala Dunia edisi 2018 ditahan imbang Ukraina.

Belgia menjadi salah satu tim yang meraih kemenangan secara meyakinkan. Mereka berhasil mengalahkan Wales dengan skor 3-1.

Adapun tiga gol kemenangan Belgia dicetak oleh Kevin De Bruyne, Thorgan Hazard, dan Romelu Lukaku. Ketiga gol itu merupakan balasan dari gol semata wayang Wales yang dibukukan Harry Wilson pada awal laga.

Di samping kemenangan Belgia, Portugal dan Norwegia juga meraih hasil serupa. Portugal menang 1-0 atas Azerbaijan, sedangkan Norwegia menang lewat tiga gol tanpa balas ketika bersua Gibraltar.

Saat ketiga tim itu meraih kemenangan, Belanda tumbang dengan skor 2-4 di hadapan Turki. Penyerang Turki, Burak Yilmaz, mencetak hattrick atau tiga gol dan menjadi momok utama bagi kubu Der Oranje, julukan Belanda.

Selanjutnya, Perancis selaku kampiun Piala Dunia 2018 harus puas meraih satu poin setelah ditahan imbang Ukraina.

Pada laga tersebut, Perancis unggul lebih dulu lewat gol Antoine Griezmann. Namun, Ukraina berhasil menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri bek Perancis dan Paris Saint-Germain (PSG), Presnel Kimpembe.

Selain hasil laga yang telah disebutkan, terdapat sederet pertandingan lain yang tersaji pada hari perdana Kualifikasi Pial dunia 2022, Kamis (25/3/2021) dini hari WIB.

Laga-laga tersebut kemudian melahirkan sejumlah fakta menarik.

Melansir dari beberapa sumber, berikut lima fakta pilihan yang lahir pada hari perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa:

1. Ronaldo dan Haaland senasib

Cristiano Ronaldo dan Erling Braut Haaland mengalami kesulitan meski tim yang mereka bela berhasil memetik kemenangan.

Berdasarkan data Squawka, Ronaldo dan Haaland sama-sama melancarkan delapan tembakan saat membela timnya masing-masing.

Namun, Ronaldo yang tampil 90 menit bersama Portugal gagal membobol gawang Azerbaijan.
Demikian juga dengan Haaland yang bermain 62 menit bersama Norwegia. Dia tak mampu menggetarkan gawang Gibraltar.

2. Luka Modric samai rekor

Bintang Real Madrid, Luka Modric, mencatatkan penampilan ke-134 bersama timnas Kroasia saat bersua Slovenia pada pertandingan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Melansir Goal, Modric menyamai rekor penampilan mantan bek kanan Shakhtar Donetsk, Darijo Srna, di timnas Kroasia.

Dalam waktu dekat, Luka Modric berpeluang besar melewati rekor tersebut, mengingat Kroasia memiliki dua pertandingan lagi dalam enam hari ke depan.

3. Catatan apik Kevin De Bruyne

Gelandang Belgia, Kevin De Bruyne, mencetak satu gol saat tampil pada laga kontra Wales.

Melansir Opta Joe, pemain andalan Manchester City itu telah terlibat langsung di balik 14 gol yang tercipta dalam delapan penampilan terakhirnya untuk timnas Belgia, dengan rincian lima gol dan sembilan assist.

Sebelum laga kontra Wales, Kevin De Bruyne juga mencetak gol untuk Belgia. Dia berhasil mencetak gol dalam dua laga beruntun bersama Belgia untuk pertama kalinya sejak Mei 2016.

4. Hattrick sempurna Tomas Soucek

Pemain West Ham United yang tengah naik daun, tomas Soucek, mencetak hattrick sempurna saat membantu Ceko menang 6-2 atas Estonia.

Berdasarkan data Opta Joe, dia menjadi pemain Ceko pertama yang mencetal tiga gol atau lebih dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia sejak kali terakhir Milan baros melakukannya (empat gol) pada September 2009.

5. Catatan apik Harry Wilson di timnas Wales

Pemain muda Wales, Harry Wilson, mengukir catatan apik saat tampil pada laga kontra Belgia.

Kendati gagal membawa Wales menang, Harry Wilson, mencetak satu gol. Dengan sumbangan satu golnya itu, dia tercatat selalu mencetak gol dalam dua penampilan terakhir bersama Wales.

Ini adalah kali pertama Harry Wilson mencetak gol beruntun bersama timnas Wales.


#Fakta #Pilihan #pada #Kualifikasi #Piala #Dunia #Ronaldo #dan #Haaland #Senasib #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts