Perbedaan Permainan Ganda dan Tunggal pada Bulu Tangkis

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Permainan bulu tangkis berhasil menyebar ke penjuru dunia termasuk Tanah Air, seusai ditemukan di Inggris pada akhir abad ke-19.

Read More

Bulu tangkis membutuhkan minimal dua sampai empat pemain yang masing-masing bergantian memukul shuttlecock (kok) menuju wilayah permainan lawan untuk mencetak angka.

Melihat dari jumlah pemain, maka olahraga bulutangkis kemudian terbagi ke dalam dua jenis permainan yakni tunggal dan ganda.

Di luar jumlah pemainnya, permainan bulutangkis nomor tunggal atau ganda memiliki perbedaan yakni sebagai berikut:

Adanya dua pemain dalam sebuah regu permainan bulu tangkis nomor ganda sebagai pasangan, tentu menjadikan jalannya pertandingan berbeda dibandingkan nomor tunggal.

Lebih jelasnya, posisi pemain ganda dalam permainan bulu tangkis bisa sejajar menyamping atau salah satu berada di belakang pemain lain.

Ketentuan mengenai posisi bermain dalam permainan bulutangkis nomor ganda sendiri, ditentukan sesuai strategi permainan yakni ketika menyerang atau bertahan.

Dalam permainan bulu tangkis nomor ganda, sistem pengambilan pukulan awal atau servis juga berbeda dibandingkan pertandingan nomor tunggal.

Seperti dikutip dari buku Mengenal Olahraga Bulu Tangkis (2020) karya Tri Hadi Karyono terdapat enam poin peraturan pihak pemegang dan penerima servis dalam permainan bulu tangkis nomor ganda.

Enam poin peraturan servis dalam pertandingan bulu tangkis nomor ganda yaitu:

  1. Seorang pemegang servis harus melakukannya dari lapangan sisi kanan apabila pemain lawan belum meraih angka atau sedang berada pada kedudukan angka genap.
  2. Seorang pemain dari pihak pemegang servis harus melakukan servis mengambil pukulan dari sisi lapangan apabila penerima (kubu lawan) berada dalam kedudukan angka ganjil.
  3. Pemain penerima servis terakhir harus berada di kotak yang sama ketika timnya menerima servis, pola kebalikannya berlaku untuk pasangannya.
  4. Pemain yang berdiri berseberangan secara diagonal dengan pemegang servis wajib menerima servis
  5. Para pemain dari piihak penerima servis tidak boleh berpindah kotak sampai timnya meraih angka dan ganti mengambil servis
  6. Servis dalam setiap giliran, diambil pada lapangan yang berbeda kecuali jika terjadi kesalahan berdasarkan keputusan wasit.

Usai servis mampu dikembalikan, maka setiap pemain berhak memukul kok secara bergantian sampai permainan terhenti atau salah satu di antara kedua regu pasangan membuat angka.

Wilayah lapangan permainan pada pertandingan nomor ganda dalam bulu tangkis dibedakan dengan nomor tunggal melalui garis yang berada di lapangan.

Untuk pertandingan bulu tangkis nomor ganda, wilayah permainan untuk kedua tim menggunakan garis batas paling belakang serta sisi paling luar pada lapangan.

Begitu juga pada kotak servis untuk nomor ganda yang memakai garis terdekat pada bagian depan berjarak 1,98 meter dari net.

Ukuran kotak servis dalam permainan bulu tangkis nomor ganda adalah 3,05 meter untuk lebarnya dan panjangnya 3,96 meter.

#Perbedaan #Permainan #Ganda #dan #Tunggal #pada #Bulu #Tangkis #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts