Morowali Akan Segera Sambut Pangkalan TNI AL!

  • Whatsapp
Morowali sambut pangkalan TNI
Morowali sambut pangkalan TNI

Morowali akan segera sambut kehadiran Pangkalan TNI Angkatan Laut (AL). Pembangunan Pangkalan TNI AL di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah nampaknya bukan sekedar wacana. Setelah melakukan kunjungan ke PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) pada hari Senin (29/3/2021) lalu, rencana pembangunan ini diungkap oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting, Hanla.

Danlanal mengungkapkan, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sudah memberikan sinyal kepada pihaknya untuk melakukan pengamanan strategis di wilayah perairan Morowali. Perlu diketahui bahwa perairan di Provinsi Sulawesi Tengah terbilang cukup luas dan rawan terjadi kejahatan seperti penyelundupan hingga illegal fishing. Selain itu, Danlanal pun menyatakan kawasan industri PT IMIP menjadi salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas) yang harus dijaga dan dilindungi. 

Read More

TNI AL tidak sendirian, pihak Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Morowali mengenai hibah lahan yang nantinya akan menjadi lokasi Pangkalan TNI AL tersebut. Bupati Morowali, Taslim mengungkapkan bentuk dukungannya kepada TNI AL pada saat kunjungan kerja pada Senin (29/3/2021).

“Silahkan Danposal komunikasikan dengan pak Asep (Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Daerah, kami akan bantu jika ada kesulitan,” kata Taslim.

Dukungan untuk TNI AL juga diungkapkan oleh Koordinator Legal Relation PT IMIP, Askurullah, yang menyatakan adanya pembangunan Pangkalan TNI AL di wilayah perairan Morowali menjadi hal yang baik untuk keamanan investasi di kawasan industri PT IMIP khususnya untuk wilayah perairan laut. Menurut Askurullah, pangkalan ini terbilang mendukung iklim investasi di kawasan industri perusahaan. 

Askurullah menambahkan bahwa banyaknya aktivitas di kawasan industri PT IMIP khususnya di pelabuhan jetty PT IMIP tingkat kejahatan berpotensi terus meningkat. Berkat dukungan dari TNI AL ini tentunya sangat membantu pihak manajemen perusahan. 

Datangnya respon positif dari berbagai pihak memberikan secercah harapan agar kedepannya pembangunan Pangkalan TNI AL ini dapat berjalan dengan lancar dan berhasil mencapai tujuannya untuk melindungi wilayah perairan Morowali sekaligus keamanan investasi. Morowali nampaknya sudah siap untuk sambut Pangkalan TNI AL ini. 

Olehnya itu, sinergitas antara TNI AL, Imigrasi, KKP Morowali dan khususnya pengelola kawasan industri PT IMIP, mesti dilakukan dengan baik. Tujuannya, menjaga keamanan investasi di wilayah ini,” ujar Luther Ginting dikutip dari Kumparan.com. Tentunya kabar Morowali yang akan segera sambut Pangkalan TNI AL ini juga dinantikan oleh warga sekitar, kita tunggu kabar baik selanjutnya ya. 

Related posts