Puasa di Tengah Pandemi, Wapres Imbau Masyarakat Tetap Ketat Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengimbau masyarakat untuk tetap mengetatkan protokol kesehatan selama bulan Ramadhan nanti.

Read More

Pasalnya, sama seperti tahun sebelumnya, Ramadhan kali ini juga dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Tak hanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kata dia, tetapi protokol kesehatan juga wajib diterapkan saat beribadah.

“Pemerintah selalu mengimbau agar semua masyarakat dalam setiap aktivitas tetap ketat menerapkan protokol kesehatan termasuk saat beribadah,” kata Ma’ruf di acara Forum Indonesia Bangkit, Selasa (6/4/2021).

Protokol kesehatan perlu tetap diterapkan agar penularan virus corona penyebab Covid-19 tidak terjadi.

Dalam rangka mencegah itu pula, kata dia, pemerintah juga telah memutuskan dan mengumumkan lebih awal kebijakan tentang larangan mudik Lebaran.

“Saya mengimbau, mari kita bersama-sama untuk mematuhi kebijakan ini, guna menghentikan penularan virus dengan tetap disiplin dalam protokol kesehatan,” kata Ma’ruf Amin.

Tak hanya itu, masyarakat juga diharapkan tetap patuh mengikuti vaksinasi Covid-19 walaupun bulan puasa.

Sebab, hal tersebut juga telah tercantum dalam fatwa pelaksanaan vaksinasi saat bulan Ramadhan yang diterbitkan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Vaksinasi tetap bisa dilakukan dan tidak membatalkan puasa. Namun jika fisik kurang mendukung karena sedang berpuasa, maka vaksinasi juga dapat dilaksanakan di malam hari setelah berbuka,” kata dia.

Ma’ruf pun berharap program vaksinasi tersebut dapat berjalan lancar dan tepat waktu sehingga Indonesia bisa segera mencapai kekebalan kelompok sebanyak 70 persen dari populasi yang ditargetkan.

#Puasa #Tengah #Pandemi #Wapres #Imbau #Masyarakat #Tetap #Ketat #Protokol #Kesehatan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts