Fokus di Industri Halal, Unilever Luncurkan Unilever Muslim Centre of Excellence

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Unilever Indonesia, Tbk meluncurkan Unilever Muslim Centre of Excellence atau Unilever MCOE guna mendukung industri halal di Indonesia.

Read More

Nantinya, Unilever Muslim Centre of Excellence akan menaungi Halal Collaboration Hub dan berbagai program pemberdayaan komunitas muslim lainnya.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk Ira Noviarti mengatakan, Unilever Indonesia yang sudah cukup lama menjadi pemain di industri FMCG, dan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang didominasi muslim, salah satunya melalui sektor industri halal.

“Komitmen ini telah kami mulai sejak tahun 1994, di mana kami menjadi salah satu perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapat Sistem Jaminan Halal (SJH) halal dari MUI,” kata Ira dalam konfrensi virtual, Kamis (8/4/2021).

Ira mengatakan, dengan meluncurkan “Unilever MCOE”, Unilever terus akan mengembangkan dan melahirkan rangkaian produk dan program yang relevan dengan kebutuhan konsumen muslim di Indonesia maupun dunia.

Ira juga mamastikan berjalannya sistem penerapan jaminan halal secara menyeluruh dari hulu ke hilir, mulai dari formulasi dan bahan baku, pasokan bahan baku, proses dan fasilitas produksi, hingga proses distribusi.

“Saat ini seluruh fasilitas pabrik Unilever di Indonesia telah mendapatkan SJH dan juga brand yang diproduksi di Indonesia telah mendapat sertifikasi halal dari LPPOM MUI,” jelas dia.

Di bawah naungan Unilever yang beroperasi di 180 negara, “Unilever MCOE” yang berbasis di Indonesia akan menjadi percontohan bagi market Unilever secara global, sekaligus menjadi pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen Muslim di Indonesia dan dunia dengan berkolaborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global.

“Penempatan MCOE di Indonesia didasari atas pengalaman Unilever Indonesia yang mumpuni, ditambah konsumen muslim tanah air yang beragam, dinamis, dan terus bertumbuh dengan sangat signifikan,” lanjut Ira.

Rizki Raksanugraha, Director of Supply Chain Unilever menjelaskan, bagian utama dari ‘Unilever MCOE’, yaitu ‘Halal Collaboration Hub’, akan menjadi pusat insight bagi ragam inovasi dan produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan konsumen muslim di Indonesia maupun dunia.

“Dalam operasionalnya, Halal Collabration Hub akan berkoloborasi dengan 6 pusat riset Unilever di tingkat global serta civitas akademika di dalam maupun di luar negeri,” jelas Rizki.

Berlokasi di kantor pusat Unilever Indonesia, BSD Tangerang, “Halal Collaboration Hub” memaksimalkan kapasitas teknologi dan inovasi yang dimiliki Unilever secara global.

Dengan konsep kerja Physical-Digital, “Halal Collaboration Hub” akan mempercepat akses informasi mulai dari ide pengembangan produk (inspire), pembuatan (create), hingga akhirnya dicoba oleh konsumen (experience) untuk mengetahui apakah inovasi yang bersangkutan telah menjawab kebutuhan dengan baik.

Melalui fasilitas ini, “Unilever MCOE” dipercaya akan mampu melahirkan blueprint yang bermanfaat bagi market muslim di negara-negara lain sekaligus mendorong volume ekspor ke berbagai wilayah dunia.

Agar inovasi yang dilahirkan selalu selaras dengan nilai-nilai dan kebutuhan konsumen muslim, pengembangan dan pengimplementasian “Unilever MCOE” turut didukung oleh Muslim Advisory Board yang terdiri dari sederatan tokoh muslim berkompeten.

“Kami berharap seluruh kolaborasi di dalam ‘Unilever MCOE’ dapat mempelopori sebuah sinergi yang lebih kuat antara pemerintah, pihak swasta dan organisasi kemasyarakatan dalam bergotong-royong wujudkan perekonomian syariah dan industri halal yang lebih maju, inklusif serta mampu menembus level global,” tegas Rizki.

#Fokus #Industri #Halal #Unilever #Luncurkan #Unilever #Muslim #Centre #Excellence #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts