[KURASI KOMPASIANA] Brezel, Roti Terpopuler dari Jerman | Japanese Milk Bread, Roti Unyu Menggiurkan

  • Whatsapp

KOMPASIANA—Roti merupakan salah satu sumber karbohidrat yang kerap disantap terutama ketika sarapan. Tak hanya sebagai menu sarapan pengganti nasi, di Indonesia roti juga jadi pilihan camilan untuk menemani waktu minum teh atau kopi.

Read More

Variasi jenis roti berdasarkan cara masak dan isi banyak terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Sebut saja roti panggang, roti bakar, sampai varian roti kukus dengan berbagai macam topping.

Selain itu, ada beberapa jenis roti yang berasal dari negara lain yang juga cukup terkenal dan dikonsumsi masyarakat Indonesia, sebut saja croissant.

Ingat Garlic Cheese Bread? Roti yang berasal dari Korea ini jadi salah satu kudapan hits tahun 2020 lalu. Kepopulerannya membuat roti jenis ini laris manis dipasaran.

Beberapa negara memang memiliki jenis roti khasnya sendiri, sebagian di antaranya adalah warisan resep turun menurun yang masih dibuat dan dilestarikan hingga sekarang.

Berikut adalah 3 artikel menarik dan populer di Kompasiana tentang sajian dan variasi roti dari beberapa negara:

1. Brezel, Roti Terpopuler dari Jerman

Roti berbentuk simpul dengan taburan garam kasar di permukaannya ini selalu tersedia di semua toko roti Jerman.

Brezel adalah jenis yang paling disukai anak-anak. Selain jadi makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari, ada pula jenis brezel yang dibuat untuk memperingati berbagai perayaan, seperti perayaan tahun baru dsb.

Akan tetapi pernahkan terlintas bagaimana asal mula terciptanya brezel sampai jadi roti yang identik dengan Jerman ini?

Kompasianer Hennie Triana mengungkapkan bahwa ada beberapa kisah tentang awal ditemukannya brezel. Salah satu yang terkenal adalah cerita dari wilayah Swabia (bagian dari negara bagian Baden-Wrttemberg), tepatnya di kota Bad Urach. (Baca selengkapnya)

2. Bagelen, Roti Garing yang Pernah Masuk Rekor MURI

Kalau roti garing yang manis dan gurih ini pasti sudah tidak asing bagi kita, apalagi kalau bukan bagelen.

Disebut roti bagelen, konon diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang masyarakatnya banyak memproduksi roti garing semacam ini. Nama kecamatannya adalah Bagelen.

Bagelen yang renyah dan enak ini ternyata juga pernah memecahkan rekor. Seperti yang disampaikan Kompasianer Erni Purwitosari bahwa pada tahun 2015, sebuah replika “Warak Ngendhog” berhasil tercipta dari ratusan roti bagelen beraneka warna dan berhasil masuk dalam rekor MURI. (Baca selengkapnya)

3. Japanese Milk Bread, Roti Unyu Menggiurkan

Jika Korea punya Garlic Cheese Bread, Jepang punya Japanese Milk Bread yang juga tengah hits.

Sekilas dilihat roti ini seperti variasi lain dari roti sobek yang sudah familiar. Perbedaanya mungkin pada warna roti yang beragam sehingga menampilkan visual yang juga enak dipandang.

Berbekal ilmu yang didapatnya saat kuliah, Kompasianer Alexander Fiandre Readi membagikan resep dan cara membuat Japanese Milk Bread yang selain mudah tetapi juga sehat karena minim penggunaan bahan pengawet.

Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? (Baca selengkapnya) | (NDY)

#KURASI #KOMPASIANA #Brezel #Roti #Terpopuler #dari #Jerman #Japanese #Milk #Bread #Roti #Unyu #Menggiurkan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts