Satgas: Kasus Covid-19 Dunia Naik 9 Persen, Salah Satunya Dipengaruhi Lonjakan di India

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, saat ini kasus Covid-19 tumbuh secara eksponensial di berbagai belahan dunia.

Read More

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), pertumbuhan ini ditandai dengan penambahan jumlah kasus yang konstan dalam jumlah besar.

“WHO mencatat kasus Covid-19 di seluruh dunia naik 9 persen yang merupakan peningkatan mingguan ketujuh berturut-turut. Angka kematian juga melonjak 5 persen,” kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/4/2021).

Wiku mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 dunia disebabkan salah satunya oleh peningkatan kasus di India.

Hal ini terjadi akibat kegiatan kerumunan yang tidak dilarang Pemerintah India sehingga timbul klaster baru penyebaran virus corona.

“Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, kenaikan kasus di India sangat berpengaruh terhadap jumlah persentase kenaikan kasus di dunia,” ujar Wiku.

Kendati demikian, Wiku mengklaim, adanya tren yang memprihatinkan dari berbagai belahan dunia ini bertolak belakang dengan yang terjadi di Tanah Air.

Dalam beberapa bulan terakhir, penanganan Covid-19 di Indonesia menunjukkan perbaikan, dibuktikan dengan terus membaiknya perkembangan penyebaran virus.

Sebagai contoh, pada minggu ini penambahan kasus Covid-19 menurun sebesar 14,2 persen. Selain itu, penambahan angka kematian juga turun 17,6 persen.

“Adanya tren perbaikan di Indonesia cukup membuktikan bahwa melalui kerja keras dan kolaborasi antara seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat Indonesia adalah bangsa yang tangguh bahkan di tengah pandemi sekalipun,” kata Wiku.

Meski demikian, Wiku meminta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada. Ia menyebut, perkembangan baik ini hendaknya tidak menjadi alasan untuk bersikap tak acuh dan lalai.

Sebaiknya, pemerintah maupun masyarakat makin konsisten menjaga kedisiplinan protokol kesehatan sampai dunia sepenuhnya bebas dari pandemi.

Selain itu, lanjut Wiku, pelajaran yang bisa diambil dari negara lain yakni keputusan yang diambil pemerintah terkait penanganan Covid-19 tidak selalu bisa diterima seluruh masyarakat.

Akan tetapi, keputusan itu harus diambil demi mencegah lonjakan penularan virus.

“Meskipun tren dalam negeri bergerak ke arah yang positif, kita baru dapat menyatakan menang atas pandemi apabila pandemi ini dapat berakhir dan kita dapat kembali melakukan mobilisasi global tanpa hambatan,” kata Wiku.

#Satgas #Kasus #Covid19 #Dunia #Naik #Persen #Salah #Satunya #Dipengaruhi #Lonjakan #India #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts