Jokowi: Indonesia Harus Punya Kekhasan Ketika Buat Perencanaan Wilayah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, Indonesia harus memiliki kekhasan tersendiri dalam merancang wilayah atau kota.

Read More

Hal itu diungkapkan Jokowi saat sambutan di acara HUT Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAPI) ke-50, Sabtu (17/4/2021).

“Kita, Indonesia harus memiliki kekhasan sendiri ketika membuat perencanaan wilayah maupun perencanaan kota,” kata Jokowi.

Kepala Negara membenarkan bahwa Indonesia harus belajar dari negara lain dalam menata kota atau wilayah.

Namun, Indonesia juga tidak boleh lupa dan harus mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, budaya, dan ekonomi.

Salah satu yang diminta Jokowi untuk dirancang dengan matang dalam pembangunan wilayah atau kota adalah membangun kota yang makin inklusif serta terbuka bagi seluruh warga.

“Bagaimana kita merancang jalan yang aman dan nyaman digunakan pejalan kaki, pesepeda, naik motor dan mobil,” ujarnya

“Bagaimana kita merancang kompleks pertokoan yang tidak ekslusif untuk kelas atas saja, tapi juga mixed untuk konsumsi masyarakat bawah,” kata Jokowi.

Selain itu Jokowi juga minta rancangan campuran antara kantor dan tempat tinggal agar tempat tinggal para pekerja tidak terlalu jauh dari tempat kerja.

Selain itu, Jokowi meminta merancang desain kota yang mengamankan sungai dan membuat warganya cinta terhadap sungainya.

“Desain perencanaan wilayah dan kota yang dirancang dengan matang akan berkontribusi besar terhadap kualitas hidup warga, terhadap kualitas lingkungan, kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya, serta terhadap citra indonesia di mata masyarakat internasional,” ucap Jokowi.

#Jokowi #Indonesia #Harus #Punya #Kekhasan #Ketika #Buat #Perencanaan #Wilayah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts