Inilah Strategi Pemulihan Ekonomi Indonesia Pasca Pandemi

  • Whatsapp
pemulihan ekonomi indonesia
pemulihan ekonomi indonesia

Selain menyediakan vaksin, salah satu cara agar pemulihan ekonomi Indonesia bisa berjalan adalah melalui kawasan industri (KI). Hal ini juga disetujui oleh salah satu ahli yakni Colliers International Indonesia (Colliers) yang memperkirakan bahwa KI akan menjadi industri bisnis yang lekas bangkit (rebound) pada tahun 2021. Oleh sebab itu, ahli menyebutkan bahwa KI dapat menjadi salah satu strategi dari pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi. Hal ini disampaikan oleh Senior Associate Director Colliers International Indonesia (Colliers), Ferry Salanto.

Menurutnya, potensi rebound kawasan industri (KI) relatif lebih cepat dibandingkan sektor lainnya. Hal ini dikarenakan saat ini, demand yang belum terealisasi jumlahnya cukup lumayan. Dirinya menambahkan bahwa pelaku bisnis KI akan melakukan ekspansi sehingga membutuhkan lahan sebagai pengembangan yang berpotensi. 

Tak hanya itu, KI juga dinilai dapat berperan sebagai solusi dari pemulihan ekonomi Indonesia pasca pandemi yang disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah investasi di sektor manufaktur tetap mengalir sehingga mampu menggerakkan aktivitas industri di dalam kawasan industri dan menumbuhkan perekonomian.

“Diharapkan, aktivitas sektor manufaktur yang berada di kawasan industri mampu mendorong pemulihan ekonomi yang ada di Indonesia kedepannya terutama setelah pandemi COVID-19,” ujar Setyono Djuandi Darmono, pengamat kawasan industri.

Dapat dikatakan, KI dinilai penting di Indonesia karena sebenarnya menurut Peraturan Pemerintah (Permen) Republik Indonesia Nomor 142 Tahun 2015 Tentang Kawasan Industri terutama pada Pasal 2 disebutkan bahwa pembangunan kawasan industri bertujuan untuk:

  1. mempercepat penyebaran dan pemerataan pembangunan Industri
  2. meningkatkan upaya pembangunan Industri yang berwawasan lingkungan
  3. meningkatkan daya saing investasi dan daya saing Industri
  4. memberikan kepastian lokasi sesuai tata ruang

Sedangkan menurut Tim Koordinasi Kawasan Industri Departemen Perindustrian RI, tujuan utama pembangunan dan pengusahaan KI adalah untuk memberikan kemudahan bagi investor untuk memperoleh lahan industri dalam melakukan pembangunan industri. 

Pembangunan KI dimaksudkan sebagai sarana upaya pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui penyediaan lokasi industri yang siap pakai sekaligus didukung fasilitas dan prasarana yang lengkap serta berorientasi pada kemudahan untuk mengatasi masalah pengelolaan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah industri. 

Jika ahli telah mengucapkan bahwa KI adalah mitra terbaik bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi, maka bolehkah kita mengamini usaha pemerintah, segenap jajarannya, bahkan hingga pengusaha atas ikhtiar mereka memaksimalkan KI di Indonesia untuk mengerek roda ekonomi Sang Garuda?

Related posts