Perayaan Hari Kartini di PDI-P, Saat Kiky Saputri Ajak Perempuan Tak Takut Bermimpi

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada hal menarik dalam perayaan Hari Kartini 2021 yang diselenggarakan PDI-P pada Rabu (21/4/2021).

Read More

Pada acara tersebut, berbagai narasumber dihadirkan dalam acara peringatan Hari Kartini bertajuk “Perspektif Generasi Milenial Tentang Kartini” di antaranya Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI-P Agustina Hermanto atau Tina Toon, Komedian Kiky Saputri, dan penulis buku Berto Tukan.

Salah satu narasumber yaitu Kiky Saputri memiliki jawaban sendiri ketika ditanya soal makna Hari Kartini.

Menurut dia, apa yang telah dilakukan oleh Kartini tidak lepas karena dirinya memiliki mimpi-mimpi.

“Kalau kita bicara soal ibu Raden Ajeng Kartini, semua berawal dari mimpi. Karena kalau kata lagu ‘Laskar Pelangi’, ‘mimpi adalah kunci’. Berdirinya Kiky Saputri sebagai seorang stand-up comedian, itu juga berawal dari mimpi,” kata Kiky dalam talkshow yang dipantau secara daring, Rabu (21/4/2021).

Usai menyampaikan hal itu, Kiky pun bercerita soal latar belakang pendidikannya yang seorang guru.

Padahal, menjadi seorang guru bukanlah keinginannya. Kiky mengatakan, ia justru menginginkan untuk kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik karena ketertarikan akan dunia politik.

“Dulu zaman Kiky SMA, Kiky pengin banget kuliah ambil sosial politik. Pengin banget masuk ke dunia politik. Beneran, ini cerita real,” ujarnya.

Namun, keinginannya tersebut lantas sempat berbelok karena ibu Kiky menginginkan anaknya menjadi guru.

Menurut Kiky, orangtuanya berharap dirinya sebagai perempuan untuk tidak terjun ke dunia politik.

“Mending jadi guru, berangkat pagi, pulang 3 sore. Terus ngurus anak suami, anak murid libur, kita ikutan libur. Kiky jalanin perintah orangtua, makanya Kiky ambil kuliah keguruan,” cerita dia.

Namun, Kiky mengaku tak pernah menghilangkan mimpi untuk berkiprah dalam dunia politik.

Saat menjalani profesi sebagai guru, perempuan berusia 25 tahun ini kemudian mencoba peruntungan menjadi komika atau stand up comedian.

Gayung bersambut, mimpi Kiky untuk bersinggungan dengan dunia politik pun tetap terwujud.

Meski dirinya tak langsung terjun ke dalam politik, Kiky mengaku tetap bisa berbicara soal politik, bahkan sempat melakukan wawancara ke beberapa tokoh politik nasional di antaranya Ketua DPR Puan Maharani.

“Kiky enggak pernah menghilangkan mimpi itu. Tuhan kasih jalan, melalui stand up comedy, Kiky bisa roasting ibu Susi (Susi Pudjiastuti) dan menteri-menteri. Kiky bisa punya program mewawancarai seluruh anggota DPR bahkan sampai ke ibu Puan Maharani,” ucapnya.

Ia pun mengaku bangga dapat sampai ke gedung DPR, bukan sebagai anggota dewan atau karyawan di DPR, melainkan diundang sebagai bintang tamu dalam sebuah acara.

Atas cerita tersebut, Kiky pun mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk tetap bermimpi. Menurutnya, semua perempuan pun memiliki kesempatan yang sama dan kesetaraan dengan laki-laki.

“Semua berawal dari mimpi. Makanya Kiky pengin ngomong ke seluruh perempuan-perempuan Indonesia, jangan pernah berhenti bermimpi,” kata dia.

“Tapi enggak cuma mimpi doang. Yang kedua, jangan pernah takut untuk melangkah,” tuturnya.

#Perayaan #Hari #Kartini #PDIP #Saat #Kiky #Saputri #Ajak #Perempuan #Tak #Takut #Bermimpi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts