Simak 3 Cara untuk Mengelola Uang supaya Tidak Stres

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Survei membuktikan, 70 persen kaum perempuan lebih stres tentang uang, sebagian besar juga dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Survei Fidelity mengungkap, para wanita itu stress mengenai tabungan dan investasi jangka panjangnya.

Read More

Fidelity mensurvei 1.902 orang dewasa di AS, termasuk 951 wanita. Tujuan survei untuk mengeksplorasi dampak finansial dari pandemi Covid-19 terhadap wanita.

Hasilnya, 60 persen responden perempuan mengatakan, mereka jauh lebih stres selama pandemi Covid-19, dengan berbagai faktor yang berkontribusi terhadap stres.

Faktor-faktor tersebut termasuk kesejahteraan emosional dan mental anak-anak, keuangan sehari-hari, dan tabungan jangka panjang.

Mengutip CNBC, Sabtu (24/4/2021), hampir 40 persen wanita mempertimbangkan untuk mengurangi jam kerja atau meninggalkan angkatan kerja karena tanggung jawab pengasuhan mereka yang meningkat.

Untuk membantumu mengelola uang dan mengurangi stres, Fidelity merekomendasikan 3 langkah kunci, antara lain.

1. Bangun dana darurat

Satu hal yang kamu pelajari dari pandemi adalah sadar betapa pentingnya memiliki bantalan finansial, yakni dana darurat yang tersedia.

Mulailah mengumpulkan tabungan darurat yang cukup untuk menutupi pengeluaran selama 3-6 bulan. Memiliki dana yang mudah diakses itu penting untuk melindungimu jika terjadi kehilangan pekerjaan atau keadaan darurat yang tidak terduga.

Uniknya, beberapa wanita menyisihkan dana darurat lebih panjang, yakni hingga 1 tahun. Beberapa beranggapan memiliki dana darurat yang lebih panjang membuat mereka merasa nyaman. Tapi sebelum itu, pastikan kemampuan finansialmu.

2. Sisihkan 10 persen gaji untuk menabung

Kamu perlu tahu, jangan pernah merasa terlalu dini untuk merencanakan masa pensiun dan tabungannya. Jika kamu tidak sanggup menabung 15 persen dari gaji seperti yang disarankan, mulailah dengan sedikit-sedikit

Tapi usahakan sebaik mungkin, setidaknya menabung 10 persen dari penghasilanmu. Pasalnya menurut survei, wanita yang menabung 10 persen dari gaji mereka atau lebih merasa tidak terlalu stres tentang masa depan keuangan.

Apalagi, menabung 15 persen dari gajimu sepanjang karir akan membantumu mencapai target yang direkomendasikan, yaitu memiliki 10 kali lipat gaji ditabung untuk masa pensiun.

3. Buat peta jalan untuk tujuanmu

Terlepas dari seberapa besar atau kecil gajimu, mengembangkan rencana keuangan atau peta jalan untuk diri sendiri, atau dengan pasangan, adalah sesuatu yang harus selalu kamu lakukan.

Rencana keuangan diperlukan untuk mengetahui apa yang kamu inginkan untuk hari ini, 5 tahun dari sekarang, bahkan 10 sampai 30 tahun dari sekarang. Kemudian, rencana itu diikuti dengan menyiapkan uang yang dibutuhkan untuk mencapai keinginan tersebut.

Apa pun tujuanmu, memiliki semacam rencana dapat lebih melengkapimu untuk mengelola keuangan dan tetap berada di jalur yang tepat untuk mencapainya.

Itu berlaku untuk segala hal mulai dari tujuan jangka pendek seperti pembelian dalam jumlah besar, hingga tujuan jangka panjang, seperti membeli rumah. Cara ini juga secara signifikan mengurangi stres pada wanita.

Mengelola Portofolio di Tengah Volatilitas, Sektor Apa Yang Paling Cuan?

#Simak #Cara #untuk #Mengelola #Uang #supaya #Tidak #Stres #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts