Anwar Abbas: Ustaz Tengku Zulkarnain Tinggalkan Dunia Seni untuk Berdakwah

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengaku kaget atas meninggalnya Ustaz Tengku Zulkarnain. Abbas mengaku sempat berkomunikasi dengan Tengku Zulkarnain pada 5 Mei.

Read More

“Malam ini takdir yang telah ditetapkan Tuhan sudah menimpa diri beliau karena seusai azan maghrib dan waktu berbuka beliau sudah dipanggil oleh Allah SWT karena Covid-19,” ucap Abbas, melalui pesan singkat, Senin (10/5/2021).

Abbas mengatakan, Tengku Zulkarnain merupakan sosok yang konsisten dalam melakukan dakwah.

Menurutnya, saat masih muda Tengku Zulkarnain adalah seorang penyanyi dan andal bermain musik.

Namun, kata Abbas, Tengku Zulkarnain meninggalkan dunia seni karena tertarik dengan dakwah.

“Di masa mudanya adalah seorang penyanyi dan pandai bermain musik. Tapi karena ketertarikan beliau dengan dunia dakwah maka dunia seni dan tarik suara tersebut boleh dikatakan beliau tinggalkan,” ucap Abbas.

Abbas menceritakan, Tengku Zulkarnain kerap menyampaikan dakwah sampai ke tempat-tempat terpencil dan luar negeri.

Ia mengenang Ustaz Tengku Zulkarnain sebagai sosok yang gigih dalam berdakwah.

“Tidak hanya ke daerah-daerah perkotaan di berbagai penjuru tanah air tapi juga ke pelosok-pelosok negeri yang terasing sekalipun yang harus beliau tempuh dengan menghadapi medan yang berat,” ucapnya.

Menurut dia, Mantan Wakil Sekjen MUI itu senang melakukan diskusi dan pembahasan terkait isu kenegaraan, seperti kehidupan sosial, ekonomi, agama dan politik.

Ustaz Tengku Zulkarnain, lanjut Abbas, juga dikenal memiliki ciri khas yang blak-blakan dalam menyampaikan dakwah. Oleh karena itu, ada sebagian orang yang tidak menyukai.

“Pak Tengku dikenal sebagai seorang ustaz yang kalau bicara blak-blakan dan menyampaikan masalah apa adanya. Oleh karena itu banyak orang yang senang tapi juga banyak orang yang tidak suka,” tuturnya.

Ustaz Tengku Zulkarnain meninggal dunia pada Senin (10/5/2021). Ia sempat dirawat di RS Tabrani, Pekanbaru, karena terpapar Covid-19.

Berdasarkan keterangan dari pengelola Rumah Sakit Tabrani, Ustaz Tengku Zulkarnain tutup usia saat azan maghrib atau berbuka puasa.

 

#Anwar #Abbas #Ustaz #Tengku #Zulkarnain #Tinggalkan #Dunia #Seni #untuk #Berdakwah #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts