Makna Tersembunyi di Balik Bunyi Lonceng iPhone saat Dicas

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Ketika sebuah iPhone dicas, biasanya akan muncul sebuah notifikasi yang diikuti getar dan bunyi untuk menandakan bahwa daya ponsel sedang diisi.

Read More

Namun, tahukah kalian bahwa iPhone ternyata memiliki bunyi yang berbeda saat dicas? Perbedaan tersebut ada pada jumlah suara yang dikeluarkan saat iPhone tengah diisi baterainya.

Masing-masing jumlah suara memiliki maknanya tersendiri, setidaknya begitulah yang ditemukan oleh kontributor situs teknologi ZDNet, Adrian Kingsley-Hughes.

Ketika dihubungkan dengan pengisi daya, iPhone akan mengeluarkan bunyi yang mirip suara lonceng. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, Hughes menemukan ada tiga jenis bunyi charging iPhone.

Menurut Hughes, tiga jenis bunyi lonceng saat pengisian daya ini muncul di sekitar pembaruan iOS versi 11.3.

Pertama, kata Hughes, pengguna iPhone hanya akan mendapatkan satu kali bunyi lonceng, bila charger yang digunakan merupakan charger standar, seperti charger bawaan Apple.

Selanjutnya, pengguna iPhone akan mendapatkan dua kali bunyi lonceng bila menggunakan charger yang mendukung pengisian daya cepat (fast charging).

Terakhir, kata Hughes, pengguna akan mendapatkan tiga bunyi lonceng bila menggunakan mode terbatas USB.

Skema bunyi charging iPhone berubah

Belakangan, Hughes melakukan investigasi lebih lanjut soal aneka penanda bunyi charging pada iPhone ini. Menurutnya, saat ini, fitur bunyi charging pada iPhone ini sudah tidak berfungsi seperti dulu lagi.

Sekarang, kata Hughes, secara default, iPhone hanya akan mengeluarkan sekali bunyi lonceng untuk menandakan daya iPhone sedang diisi, meski charger yang digunakan mendukung fast charging.

Hughes berpendapat perubahan ini agaknya dikarenakan saat ini sebagian besar charger sudah mendukung fitur fast charging. Bila tetap menggunakan skema sebelumnya, menurut Hughes, fitur penanda bunyi charging ini akan mubazir.

Bila mempertahankan skema bunyi charging sebelumnya, Hughes berpendapat, pengguna iPhone justru akan menelepon customer service untuk menanyakan mengapa perangkatnya selalu mengeluarkan dua kali bunyi lonceng saat pengisian daya.

Namun, ia mengungkapkan terkadang masih menerima dua kali bunyi lonceng ketika mengisi daya menggunakan charger pihak ketiga, terutama yang bermodel lawas.

Menurutnya, ini tak lepas dari fitur fast charging yang sudah ada pada perangkat iPhone. Ketika daya iPhone diisi dengan charger pihak ketiga model lawas itu, iPhone sepertinya akan mendeteksi perubahan daya dan kecepatan charging.

Hughes menambahkan, iPhone akan mendeteksinya sebagai dua upaya charging yang berbeda sehingga akan mengeluarkan tak hanya sekali, namun dua bunyi lonceng sekaligus.

Saat dalam mode senyap, bunyi lonceng ini akan beralih ke bunyi dengung (buzz). Bila pengguna iPhone ingin menonaktifkan bunyi charging ini, pengguna hanya perlu pergi ke “Settings” > “Sounds & Haptics” > “System Haptics” > geser tombol toggle ke “off”, sebagiamana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Jumat (14/5/2021).

#Makna #Tersembunyi #Balik #Bunyi #Lonceng #iPhone #saat #Dicas #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts