RAM Oppo A74 Bisa Ditambah hingga Menjadi 11 GB

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Oppo telah meluncurkan lini ponsel A terbarunya di Indonesia, yakni Oppo A74. Ponsel ini telah dilengkapi dengan sistem operasi Android 11 yang dilapis antarmuka terbaru, ColorOS 11.1.

Read More

Kabar baiknya, dalam ColorOS 11.1, terdapat fitur anyar untuk membuat memori RAM ponsel Oppo menjadi lebih besar, fitur ini diberi nama RAM Expansion.

Namun, belum semua ponsel Oppo kebagian fitur baru ini. Sebab menurut pihak Oppo Indonesia, fitur RAM Expansion saat ini baru tersedia di lini ponsel Oppo A74 4G saja.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait kapan dukungan RAM Expansion ini akan menyambangi lini ponsel Oppo lainnya.

“RAM expansion akan tersedia tergantung dengan model perangkat dan wilayah, sementara ini tersedia terlebih dahulu untuk A74 4G di Indonesia,” ujar Oppo Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (17/5/2021).

Hingga 11 GB

Fitur RAM Expansion mampu memungkinkan pengguna untuk memperluas kapasitas RAM Oppo A74 hingga 5 GB. Artinya, RAM ponsel yang sebelumnya berukuran 6 GB kini dapat diperluas hingga mencapai 11 GB.

Berdasarkan posting yang diunggah akun Facebook resmi ColorOS, fitur ini bekerja dengan mengubah memori perangkat yang tidak digunakan (ROM) sebagai resource untuk RAM tambahan.

Kehadiran fitur RAM Expansion tentu terbilang praktis. Pasalnya, pihak ColorOS mengklaim jika fitur ini mampu mengurangi terjadinya lag, membuat aplikasi bekerja lebih optimal, serta mempercepat proses pengelolaan banyak aplikasi secara bersamaan.

Fitur menambah memori RAm ini menjadi tren baru yang diadopsi sejumlah vendor ponsel China. Selain Oppo dengan fitur RAM Expansion ini, sebelumnya Vivo juga mengenalkan fitur serupa di lini ponsel X60, yang diberi nama Extended RAM.

Fitur Extended RAM memungkinkan sistem Vivo X60 series “meminjam” memori (sebesar 3 GB) dari media penyimpanan ponsel untuk menambah kapasitas RAM.

Sementara Xiaomi saat ini dikabarkan tengah mengoprek MIUI 12 untuk menambah fitur RAM expansion/extension di ponsel-ponselnya, dengan cara meminjam memori internal untuk dijadikan sebagai resource RAM.


#RAM #Oppo #A74 #Bisa #Ditambah #hingga #Menjadi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts