Cara Memegang Bola Basket

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Cabang olahraga bola basket mengharuskan seorang pemain menguasai sejumlah teknik dasar untuk dapat tampil baik di lapangan.

Read More

Terutama ketika menguasai bola sebagai bagain penting cabang olahraga bola basket, yang dimaninkan secara beregu.

Ukuran bola basket sesuai peraturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA), memiliki lingkar 74,9 cm serta berat mencapai 576 gram.

Bola dalam cabang olahraga bola basket menjadi pusat permainan hingga menjadi objek penentu, yang digunakan untuk mencetak angka.

Sehingga, bagaimana cara memegang bola basket dari seorang pemain terlihat saat usai menggiring bola dengan memantulkannya ke permukaan lapangan, menerima operan, dan sebelum menembak.

Kemampuan dasar dalam bermain bola basket tersebut memiliki dasar pada cara seorang pemain memegang atau menguasai bola.

Lantas, bagaimana cara memegang bola basket secara benar atau tepat ketika bermain maupun bertanding di lapangan?

Terdapat ragam cara memegang bola basket yang seluruhnya bertumpu pada posisi jari serta telapak tangan secara tepat agar terhindar dari cedera.

Contoh pertama dari teknik memegang bola basket adalah menggunakan kedua tangan hingga menyerupai mangkuk besar yang mencakup seluruh bagian bola.

Teknik memegang bola basket seperti mangkuk besar tersebut menjadi cara efektif dalam mempertahankan bola, di bawah kendali penuh sang pemain.

Bentuk teknik berikutnya adalah dengan menaruh jari-jari tangan di bagian tengah pada permukaan lingkar bola, dengan memberi jarak atau secara merenggang.

Adanya jalur garis pada permukaan bola basket memberi kemudahan bagi pemain untuk melakukan teknik memegang bola tersebut.

Upaya memegang bola basket juga bisa dilakukan dengan menggunakan ujung-ujung jari untuk memberi tekanan hingga seakan meremas bola.

Memberi tekanan berupa gerakan meremas bola membuat seorang pemain memiliki penguasaan lebih, terutama saat berusaha menghindari tekanan lawan.

  • Teknik memegang satu tangan

Langkah memegang bola menggunakkan satu tangan bisa menjadi pilihan apabila seorang pemain hendak melakukan operan cepat kepada rekan setim.

Gerakan ini memiliki risiko bola direbut lawan, sehingga umumnya dilakukan oleh pemain dengan kemampuan teknik tinggi atau secara fisik memiliki ukuran telapak tangan lebar.

#Cara #Memegang #Bola #Basket #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts