Sampai April 2021, Bank Mandiri Telah Salurkan KUR Sebesar Rp 13,1 Triliun

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Mandiri (Persero) Tbk terus mendorong pembiayaan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Read More

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, komitmen dukungan bank pelat merah itu terhadap UMKM terefleksikan dengan realisasi penyaluran KUR sampai dengan April 2021 sebesar Rp 13,1 triliun.

“Hingga April 2021, Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp 13,1 triliun dan disalurkan kepada 135.538 debitur. KUR tersebut telah disalurkan ke sektor produksi sebanyak Rp 7,53 triliun atau sebesar 57,5 persen dari total penyaluran,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, Rudi menjelaskan Bank Mandiri juga akan fokus menyalurkan KUR pada sektor produksi sesuai arahan dari pemerintah.

Adapun, penyaluran KUR Bank Mandiri saat ini didominasi oleh sektor pertanian dengan realisasi sebesar Rp 3,5 triliun atau sekitar 27,17 perseroan dari total penyaluran KUR perseroan.

Selain itu, Bank Mandiri juga akan turut serta mendukung kebijakan pemerintah untuk menaikkan plafon KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta dan memperpanjang tambahan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen yang semula sampai Juli 2021 menjadi diberlakukan hingga Desember 2021.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sangat mendukung kebijakan tersebut karena akan dapat meningkatkan serta memperluas akses pembiayaan murah yang bisa dinikmati pelaku UMKM di tengah pandemi ini,” ujar Rudi.

Sementara itu, melihat animo masyarakat yang tinggi terhadap KUR, Bank Mandiri juga telah mengusulkan penambahan plafon KUR dari yang saat ini sebesar Rp 31 triliun.

“Kami masih menunggu keputusan pemerintah terkait usulan tersebut,” ucapnya.

Sebagai informasi, pada awal Mei ini, pemerintah telah resmi menaikkan plafon pinjaman KUR tanpa jaminan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta.

Pemerintah juga memperpanjang subsidi bunga KUR sebesar 3 persen hingga Desember tahun 2021.

Sebelumnya, subsidi bunga KUR menjadi 3 persen hanya berlaku hingga 1 Juni 2021.

“Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang tambahan subsidi pada bunga KUR sehingga menjadi 3 persen selama 6 bulan, 1 Juli 2021 sampai dengan 31 Desember 2021,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers, Selasa (4/4/2021).

#Sampai #April #Bank #Mandiri #Telah #Salurkan #KUR #Sebesar #Triliun #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts