Bantu Warga Palestina, Dompet Dhuafa Distribusikan 500 Paket Food Bank

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Direktur Komunikasi dan Aliansi Strategis Dompet Dhuafa Bambang Suherman mengatakan, pihaknya bersama mitra kemanusiaan Takween Association for Development menyalurkan 500 paket food bank kepada warga Palestina.

Read More

Pemberian ini merupakan bagian dari aksi kemanusiaan terhadap kekerasan yang saat ini terjadi di Palestina.

Berkat kepedulian para donatur di Indonesia, Dompet Dhuafa pun mengirim berbagai bantuan kepada keluarga penyintas di kawasan lokasi terdampak, Senin (24/5/2021).

Bambang menjelaskan, Dompet Dhuafa sebenarnya telah menyalurkan berbagai aksi kemanusiaan untuk masyarakat Palestina sejak 2009.

Beberapa bantuan tersebut, di antaranya revitalisasi pabrik roti Jabaliyah yang memproduksi sekitar 10.000 roti per harinya, instalasi sumber air bersih pada 2010, mendirikan Gaza Food Bank (2013), serta mendirkan School for Gaza untuk anak-anak terdampak penyerangan zionis pada 2014.

Pada 2015, Dompet Dhuafa juga membantu lewat program Tebar Hewan Kurban (THK) dengan mendistribusikan 22.000 hewan kurban kepada warga Palestina.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Program lainnya ada DD Kitchen dan revitalisasi sekolah-sekolah yang rusak akibat serangan Israel,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

Sementara itu, Ketua Takween Association Sadi Dabboor melaporkan secara langsung kondisi di Palestina.

Ia mengatakan, di belakangnya terlhat reruntuhan rumah yang hancur akibat misil-misil yang diluncurkan Israel.

Menurutnya, bangunan runtuh yang berada tepat di belakangnya sebelumnya ada 50 keluarga yang tinggal di sana.

Sebagian besar dari mereka kini ada di pengungsian Dompet Dhuafa dan sebagian lagi mengungsi di rumah-rumah kerabat.

“Di tempat ini terdapat 50 keluarga yang harus kehilangan rumah. Sekarang mereka tinggal di pengungsian dengan keterbatasan air bersih dan logistik yang seadanya,” ungkapnya.

Sadi mengungkapkan, pihaknya akan selalu bersedia menjadi mitra Dompet Dhuafa sebagai kepanjangan tangan para donatur untuk saudara-saudara yang menjadi korban dampak kekerasan Israel.

Selain penyaluran paket-paket food bank, Dompet Dhuafa juga akan menggulirkan bantuan-bantuan lainnya, seperti pembangunan kamar operasi untuk Gaza, Covid Center, pelatihan lifeskill untuk perempuan-perempuan Gaza, renovasi masjid-masjid yang hancur, dan lainnya.

Adapun, Dompet Dhuafa juga menyiarkan aksi distribusi 500 Paket Foodbank secara langsung melalui kanal Youtube DD TV.

Salah satu penerima manfaat, Mohammed Abu Mohadi (56) menunjuk reruntuhan bangunan di belakangnya sembari menjelaskan tempat tinggal yang dulu ia huni.

“Dulu di situ adalah tempat tinggal kami. Namun sekarang sudah runtuh. Sekarang kami mengungsi di tempat yang seadanya. Makanan pun juga seadanya. Alhamdulillah, kami sampaikan terima kasih kepada Dompet Dhuafa dan pihak-pihak lainnya telah menyalurkan bantuan ke sini,” sebutnya.

#Bantu #Warga #Palestina #Dompet #Dhuafa #Distribusikan #Paket #Food #Bank #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts