MotoGP Italia, Indonesian Racing Team Ukir Sejarah di Kualifikasi

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Indonesia Racing Team mengukir sejarah pada kualifikasi MotoGP Italia yang dihelat di Sirkuit Mugello pada Sabtu (20/5/2021) malam WIB.

Read More

Bekerja sama dengan Aprlia Racing Team Gresini, Indonsian Racing Team sukses mengantar Aleix Espargaro menempati peringkat keempat kualifikasi MotoGP Italia.

Itu adalah posisi start tertinggi yang pernah dicapai tim asal Indonesia dalam sejarah Kejuaraan Dunia MotoGP.

Aleix Espargaro memulai Kualifikasi MotoGP Italia dari sesi Q2.

Pebalap asal Spanyol itu berhasil lolos ke Q1 seusai menempati peringkat kedua pada sesi Q2.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Catatan waktu putaran terbaik Aleix Espargaro pada sesi Q2 adalah 1 menit 46,024 detik, selisih 0,1 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda).

Pada sesi Q2, Aleix Espargaro sukses memperbaiki catatan waktu putaran terbaiknya menjadi 1 menit 45,538 detik.

Catatan waktu tersebut membuat Aleix Espargaro akan memulai balapan MotoGP Italia 2021 dari grid kedua, tepatnya urutan keempat.

Aleix Espargaro akan akan memulai balapan tepat di belakang Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), Francesco Bagnaia (Ducati) dan Johann Zarco (Pramac Racing).

Melihat pencapaian Aleix Espargaro, Rocky Soerapoetra selaku principal Indonesian Racing Team mengaku sangat bangga.

“Keberhasilan Aleix Espargaro meraih posisi start ke-4 ini adalah prestasi yang patut disyukuri,” kata Rocky dalam rilis resmi yang diterima KOMPAS.com.

“Sebab, ini adalah posisi start tertinggi yang pernah di raih tim Indonesia di ajang sebesar MotoGP,” ucap Rocky menambahkan.

Kinerja apik Indonesian Racing Team juga terlihat di kelas Moto2 dan Moto3.

Pada kualifikasi Moto2 Italia 2021, Indonesian Racing Team bersama Federal Oil Gresini Moto2 berhasil mengantar Fabio D Giannantonio menempati posisi kelima.

Di kelas Moto3, Indonesian Racing Team Gresini sukses menempatkan Gabriel Rodrigo di grid terdepan, tepatnya urutan ketiga.

Gabriel Rodrigo nantinya akan memulai balapan Moto3 Italia di belakang Tatsuki Suzuki (SIC58 Squadra Corse) dan pemuncak klasemen pebalap Moto3 2021, Pedro Acosta (Red Bull KTM Ajo).

Adapun rekan satu tim Gabriel Rodrigo, Jeremy Acolba akan memulai balapan Moto3 Italia dari grid kedua, tepatnya urutan keenam.

Melihat hasil kualifikasi MotoGP, Moto2, dan Moto3, di Sirkuit Mugello, Indonesian Racing Team sukses mengalahkan tim tetangga, Petronas Malaysia.

Sebagai contoh, pebalap terbaik Petronas Malaysia di kualifikasi MotoGP Italia adalah Franco Morbidelli yang menempati peringkat ke-10.

Publik Tanah Air tentu harus berbangga melihat pencapaian Indonesian Racing Team di Sirkuit Mugello kali ini.

Sebab, performa Indonesian Racing Team terus meningkat, setelah awal Mei lalu sukses mengukir sejarah dengan meraih podium juara kelas Moto2 dan Moto3 di Sirkuit Jerez, Spanyol.

“Saya sangat bahagia dengan keberhasilan Indonesian Racing Team meraih posisi start terbaik di semua kelas,” kata Rocky.

“Tentu akan menjadi sebuah kebanggaan jika kita bisa melihat nama Indonesia menjadi juara di ajang balap kelas dunia ini,” ujar Rocky menambahkan.

“Saya sangat senang karena Indonesian Racing Team saat ini bisa menunjukkan kualitas dan tidak lagi dianggap sebagai tim kecil,” tutur Rocky.

Adapun rangkaian balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5/2021), akan dimulai dengan kelas Moto3 terlebih dahulu pada pukul 16.00 WIB.

Setelah Moto3, balapan Moto2 Italia 2021 dijadwalkan berlanggsung pada pukul 17.20 WIB.

Rangkaian itu kemudian ditutup dengan balapan MotoGP Italia pada pukul 19.00 WIB.

#MotoGP #Italia #Indonesian #Racing #Team #Ukir #Sejarah #Kualifikasi #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts