Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Tema dan Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) diperingati pada tanggal 5 Juni.

Read More

Hari Lingkungan Hidup Sedunia dicanangkan PBB demi menggugah kesadaran banyak orang untuk menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup yang kemudian menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 1972.

Semenjak saat itu, setiap tanggal 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia bergandengan tangan dengan instansi pemerintah dan komponen bisnis kecil maupun raksasa, akan bersama-sama menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu-isu lingkungan hidup.

Tema perayaan HLHS 2021

Dilansir dari India Today, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah “Environment Restoration” atau “Restorasi Lingkungan.”

Restorasi lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PBB sendiri mengeluarkan fakta bahwa setiap tiga detik dalam hidup kita, dunia kehilangan beberapa titik hutan alaminya.

Dan keserakahan manusia, membuat kita kehilangan banyak lahan basah yang menjadi penyeimbang ekosistem di bumi.

Tema HLHS kali ini dibangun guna menyuport usaha PBB dalam mengembalikan lagi hijaunya kawasan hutan dan melindungi kawasan alam yang masih perawan yang harus terus dilestarikan.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan 

Sebagai masyarakat kecil, yang gapaian tangannya sangat terbatas, kita tetap bisa berpartisipasi menyelamatkan lingkungan dengan melakukan beragam langkah atau aktivitas kecil.

Dilansir dari Inhabitat, berikut ini beberapa contoh aktivitas yang bisa dipilih dalam rangka ikut menyelamatkan lingkungan di peringatan HLHS tahun ini:

1. Bersih-bersih lingkungan

Dok. Shutterstock/Will Day Ilustrasi sampah plastik dan puntung rokok yang dikumpulkan di pantai

Tak perlu mengajak banyak orang. Ajak saja teman atau tetangga terdekat untuk bersama-sama membersihkan lingkungan, dimulai dari area hunian masing-masing.

Bersihkan sanitasi, juga tanam pohon untuk menghijaukan lingkungan pemukiman.

2. Hemat air

Kegiatan personal dalam mendukung gerakan PBB menyelamatkan lingkungan bisa dimulai dari dalam rumah sendiri. Seperti menghemat pemakaian air bersih.

Mandilah dalam waktu secukupnya, jangan terlalu banyak membuang air bersih. Penghematan air bisa membantu lingkungan sekaligus menghemat biaya air bulanan.

3. Perbanyak aktivitas berjalan kaki

Ilustrasi jalan kakiDragonImages Ilustrasi jalan kaki

Mulailah di tanggal 5 Juni, untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor dalam upaya ikut mengurangi polusi udara.

Selama sehari, capai tempat-tempat terdekat dengan berjalan kaki dan tinggalkan kendaraan bermotor di pekarangan rumah.

Kemudian aplikasikan kegiatan ini, di hari berikutnya. Jika diterapkan setiap hari, kegiatan sederhana ini bisa menjadi kebiasaan baik yang melekat di kehidupan kita.

4. Matikan pendingin udara

Dalam sehari, cobalah matikan pendingin udara dan bukalah jendela untuk mendapatkan angin segar dari lingkungan sekitar rumah.

Aktivitas ini bisa membantu Anda menghemat daya listrik sehingga hemat energi bumi.

5. Matikan piranti elektronik

Dalam sehari juga, berusahalah lebih bijak dan lebih teliti dalam menggunakan alat-alat elektronik. Seperti mematikan televisi jika tak ada acara menarik, atau mencopot kabel charger gawai jika daya sudah penuh.

#Hari #Lingkungan #Hidup #Sedunia #Tema #dan #Berbagai #Aktivitas #yang #Bisa #Dilakukan #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts