Warga Depok yang Bawa Lansia untuk Vaksinasi Covid-19 Juga Akan Disuntik

  • Whatsapp

DEPOK, KOMPAS.com – Dinas Kesehatan Kota Depok menggencarkan program vaksinasi Covid-19 untuk warga Depok yang membawa lansia ke puskemas untuk divaksinasi.

Read More

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita, beranggapan bahwa metode ini cukup efektif dalam rangka mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi lansia di Depok yang saat ini masih lambat.

“Karena kita di Depok ini cakupan untuk lansianya masih rendah jadi kita masih meminta orang-orang yang divaksin agar dia bawa lansia,” kata Novarita kepada Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Pemerintah, kata Novarita, telah menjemput sebagian kalangan lansia untuk divaksinasi, menghubungi mereka agar datang ke puskesmas.

Namun ketiadaan pendamping ditengarai sebagai masalah.

Meskipun program ini membuat sebagian dari stok vaksin Covid-19 yang terbatas jadi turut terserap ke warga usia produktif alih-alih ke seluruh lansia, namun hal ini dipandang sebagai satu-satunya solusi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ya habis mau bagaimana caranya untuk daya tarik vaksinasi lansia ini? Kalau mau (menghabiskan vaksin untuk) lansia saja, malah tidak ada yang datang karena tidak ada yang mengantar,” kata Novarita.

“Makanya jadi bonus, kalau ada yang bawa lansia, yang bawa itu boleh divaksin juga. Sejauh ini cukup efektif. Jadi, dia tidak usah bawa keluarganya. Bawa tetangganya juga boleh, bawa orang ketemu di jalan juga boleh. Yang penting lansia dan belum divaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Hingga saat ini, vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi lansia di Depok baru mencapai kisaran 18 persen sejak dimulai Maret lalu, dari target sekitar 140.000-an warga berusia 60 tahun ke atas.

Sebagai perbandingan, Kota Bekasi mengklaim telah menyelesaikan sekitar 30 persen vaksinasi Covid-19 dosis pertama bulan lalu, dari target sekitar 170.000 warga lansia.

Sementara itu, DKI Jakarta masih yang paling unggul dalam hal vaksinasi Covid-19 lansia.

Hingga kemarin, sudah 65 persen dari target sekitar 911.000 lansia sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama.

Lambatnya vaksinasi Covid-19 bagi lansia adalah permasalahan nasional. Menurut data Kemenkes, hingga saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 lansia di Indonesia masih berada di angka 16 persen.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, salah satu penyebabnya yakni masih adanya ketakutan melakukan vaksinasi Covid-19 untuk warga senior tersebut.

“Memang ada ketakutan untuk melakukan vaksinasi kepada lansia, sehingga yang paling penting adalah melakukan edukasi kepada masyarakat dan lansia,” ujar Dante dalam sambutannya pada Hari Temu Lansia Nasional 2021 yang ditayangkan YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (3/6/2021).

#Warga #Depok #yang #Bawa #Lansia #untuk #Vaksinasi #Covid19 #Juga #Akan #Disuntik #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts