Mei 2021, Cadangan Devisa RI Capai 136,4 Miliar Dollar AS

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2021 sebesar 136,4 miliar dolar AS.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, cadangan devisa tetap tinggi meskipun menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir April 2021 sebesar 138,8 miliar dolar AS.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,5 bulan impor atau 9,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” kata Erwin dalam siaran pers, Selasa (8/6/2021).

Erwin menuturkan, penurunan posisi cadangan devisa pada bulan Mei 2021 dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

Namun, pihaknya menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” pungkas Erwin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

#Mei #Cadangan #Devisa #Capai #Miliar #Dollar #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts