[HOAKS] Foto Terdekat dari Planet Saturnus

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Beredar foto yang diklaim merupakan foto terdekat planet Saturnus yang diambil tahun ini. Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook Mayat Hiduph.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar.

Foto tersebut adalah karya seni buatan seniman atau foto ilustrasi pemandangan saat wahana Cassini ketika melakukan salah satu penyelaman terakhirnya di atas planet Saturnus.

Narasi yang beredar

Akun Facebook Mayat Hiduph membagikan foto yang diklaim sebagai foto penampakan planet Saturnus dari jarak terdekat.

Dia mengatakan foto tersebut diambil wahana antariksa NASA Cassini spacecraft dua Minggu yang lalu, namun tidak disebutkan waktu pengambilan fotonya. 

Akun Facebook Mayat Hiduph membuat unggahan itu pada 30 Mei 2021. Di foto terlihat awan atau kabut berwarna kuning dan langit berwarna hitam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu ada garis-garis yang menghujam ke bawah di tengah-tengah. Lalu bagian dari pesawat luar angkasa sedikit terlihat di bagian bawah.

Berikut narasi yang disertakannya:

“foto Saturnus terdekat dari dalam cincinnya oleh Cassini spacecraft dua Minggu yang lalu.”

Arsip unggahan tersebut bisa dilihat di sini.

Penelusuran Kompas.com

Tim Cek Fakta Kompas.com menelusuri foto tersebut menggunakan Yandex dan Google Images.

Hasilnya, salah satu foto tersebut terdapat di laman NASA dalam sebuah Power Point berjudul “Orbit Determination Adaptations for the Cassini Grand Finale” yang disampaikan pada 4-9 Juni 2017 di Matsuyama, Jepang.

Dalam presentasi di simposium internasional itu disampaikan Cassini adalah pesawat luar angkasa milik NASA yang memulai perjalanannya menjelajahi tata surya sejak tahun 1997.

Cassini sampai di planet Saturnus pada tahun 2004. Penjelajahan pesawat ruang angkasa itu berhenti pada tahun 2017.

Foto planet Saturnus yang sama seperti unggahan Facebook juga ada di presentasi tersebut, namun tidak dijelaskan secara detail foto apa itu.

Foto itu juga dimuat oleh banyak media massa, salah satunya Vox, pada 26 April 2017, dengan judul “The Cassini spacecraft’s dive in between Saturn’s rings, explained”.

Dari caption foto disebutkan bahwa foto tersebut merupakan konsep artis atau ilustrasi yang menunjukkan pemandangan Cassini ketika melakukan salah satu penyelaman terakhirnya di atas planet Saturnus.

Caption serupa juga digunakan oleh Space pada 15 September 2017. Media itu menurunkan berita berjudul “NASA’s Cassini Mission to Saturn: By the Numbers”.

Kesimpulan

Informasi yang menyebut adanya foto terdekat planet Saturnus yang diambil tahun ini adalah hoaks atau tidak benar.

Foto tersebut adalah karya seni buatan seniman atau foto ilustrasi wahana Cassini ketika melakukan salah satu penyelaman terakhirnya di atas planet Saturnus.

#HOAKS #Foto #Terdekat #dari #Planet #Saturnus #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts