Hari Ini dalam Sejarah: Kecelakaan Pesawat British European Airways, 118 Orang Tewas

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Hari ini 49 tahun yang lalu, pesawat British European Airways jatuh setelah lepas landas dari Bandara Heathrow, London pada 18 Juni 1972.

Read More

Akibatnya, seluruh penumpung yang berjumlah 118 orang tewas.

Penyebab resmi kecelakaan ini masih belum diketahui, tetapi diyakini karena pesawat membawa terlalu banyak muatan.

Kejadian

Mengutip History, ada masalah serius yang dihadapi industri penerbangan menjelang musim panas 1972.

Maraknya terjadi pembajakan pesawat dan pilot merasa sangat rentan karena mereka paling sering menanggung beban kekerasan.

Pada 18 Juni 1972 di Bandara Heathrow, semua tampak berjalan lancar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerbangan pagi British European Airways (BEA) ke Brussel pun dipenuhi penumpang dan kondisi cuaca saat itu cukup baik. 

Pesawat tipe Jet Trident 1 itu pun lepas landas tanpa kendala. Tapi, tepat setelah rodanya ditarik, pesawat itu tiba-tiba jatuh dari udara.

Pesawat tersebut terbelah karena benturan keras di tanah. Ledakan besar yang berasal dari pasokan bahan bakar juga tak terhindarkan, sehingga menghamburkan isi pesawat.

Hanya dua dari 118 penumpang dan awak kapal yang ditarik dari reruntuhan hidup-hidup, tapi keduanya meninggal hanya beberapa jam kemudian.

Penyelidikan

Hasil penyelidikan tape recorder pesawat menunjukkan bahwa alat kemudi otomatis telah mengurangi kecepatan sebelum pesawat mencapai kekuatan cukup untuk terbang, dikutip dari Harian Kompas, 21 Juni 1972.

Bersamaan dengan itu, bagian belakang sayap yang dilengkungkan ke bawah untuk menambah gaya angkat pesawat, justru diangkat lebih cepat.

Hal itu membuat pesawat kehilangan keseimbangan dan jatuh seperti batu dari langit.

Pilot sempat mengambil alih kemudi otomatis, tapi sudah terlambat karena ketinggian pesawat tak memungkinkannya untuk melakukan manuver.

Diketahui bahwa co-pilot pesawat yang melakukan kesalahan tersebut.

Sementara itu, pemberitaan Harian Kompas, 24 Juni 1972, menyebutkan, co-pilot berusia 21 tahun tersebut baru beberapa bulan lulus dari sekolah penerbangan.

Penyelidikan lain menunjukkan bahwa pesawat tersebut kelebihan muatan atau muatannya tidak didistribusikan secara benar.

#Hari #Ini #dalam #Sejarah #Kecelakaan #Pesawat #British #European #Airways #Orang #Tewas #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts