Kasus Uang Rp 1,5 Juta Tiba-tiba Masuk Rekening Bukan dari Pinjol, Ini Klarifikasi PT Syaftraco

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Kasus uang Rp 1,5 juta yang tiba-tiba masuk ke rekening bank pribadi milik salah seorang warganet pengguna media sosial Twitter akhirnya menemui titik terang.

Read More

Sebelumnya, warganet dengan akun @indiratendi melalui utas yang diunggah Minggu (20/6/2021) mengungkapkan bahwa rekening bank pribadinya menerima transfer uang sebesar Rp 1.511.000.

Akun @indiratendi tersebut mengatakan, uang tersebut dikirim oleh PT Syaftraco, yang pada saat itu ia duga sebagai perusahaan penyelenggara fintech lending atau pinjaman online (pinjol).

Bukan dari pinjol

Setelah utas tersebut viral, akun @indiratendi mengungkapkan bahwa ia telah menerima penjelasan dari pihak PT Syaftraco perihal kasus transfer misterius itu.

“Pihak dari Syaftraco udah hubungi aku utk menjelaskan masalah ini. Syaftraco itu perusahaan transfer dana, dan transaksi yg masuk ke aku kemarin dilakukan oleh Wise (dulu namanya TransferWise).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Wise ini aplikasi untuk kirim uang ke mata uang yg berbeda,” tulis @indiratendi dalam lanjutan utasnya, Senin (21/6/2021).

Ia mengatakan, kemungkinan uang sebesar Rp 1,5 juta yang ia terima itu merupakan donasi dari luar negeri, atau bisa juga salah kirim.

Sebelum menerima transfer misterius itu, akun @indiratendi memang sempat membagikan nomor rekening pribadinya di media sosial, untuk keperluan penggalangan dana bagi kegiatan yang ia selenggarakan.

Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (22/6/2021) perihal kasus ini, @indiratendi mengaku lega karena ternyata uang Rp 1,5 juta yang masuk ke rekeningnya itu bukan dari pinjol.

“Alhamdulillah ternyata bukan pinjaman online,” kata @indiratendi kepada Kompas.com melalui Direct Message Twitter.

Penjelasan PT Syaftraco

Direktur PT Syaftraco (Instamoney) Mikiko Steven mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan masalah transfer misterius sebesar Rp 1,5 juta yang masuk ke rekening pribadi pemilik akun Twitter @indiratendi.

Mikiko mengatakan, pihaknya telah menghubungi yang bersangkutan, dan masalah telah diselesaikan dalam waktu kurang dari 1×24 jam.

“Dana yang diterima yang bersangkutan tidak dikirimkan oleh perusahaan pinjaman online, melainkan dari salah satu mitra perusahaan transfer dana kami berdasarkan permintaan konsumen mereka,” kata Mikiko dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

“Kami telah mengklarifikasi hal ini dengan yang bersangkutan dan telah dimengerti bahwa dana yang diterima bukanlah dari pinjaman online,” kata Mikiko melanjutkan.

Mikiko juga meluruskan isu yang merebak bahwa PT Syaftraco atau Instamoney adalah perusahaan penyelenggara fintech lending atau pinjaman online.

Dia mengatakan, PT Syaftraco adalah perusahaan transfer dana yang memiliki izin Penyedia Jasa Sistem Pembayaran dari Bank Indonesia nomor 11/5/DASP/2.

“PT Syaftraco bukanlah perusahaan pinjaman online,” ujar Mikiko.

Tentang PT Syaftraco

Mikiko menjelaskan, PT Syaftraco adalah perusahaan B2B (business to business) yang hanya melayani perusahaan maupun lembaga yang diperbolehkan oleh dan memiliki izin dari regulator yang berwenang.

“PT Syaftraco hanya dapat memproses permintaan transfer jika ada perintah dari klien, sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur oleh regulator,” kata Mikiko.

Selain itu, sebagai penyelenggara transfer dana dengan izin Bank Indonesia, Mikiko mengatakan, PT Syaftraco selalu berkomitmen untuk menjaga keamanan transaksi dan privasi semua pihak yang terlibat.

“Dalam operasional perusahaan, kami juga senantiasa berkomunikasi dengan Bank Indonesia dan asosiasi terkait untuk menerapkan praktik dan tata kelola yang baik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Mikiko.

Jika ada kendala serupa

Mikiko mengatakan, bagi masyarakat yang mengalami kasus serupa dengan akun Twitter @indiratendi, yaitu transfer dana tiba-tiba ke rekening pribadi, pihaknya telah menyediakan situs khusus.

Situs khusus itu dapat diakses di https://www.instamoney.co/pt-syaftraco/ untuk memberi informasi kepada konsumen dan publik lainnya yang memiliki kendala serupa.

“Apabila ada pertanyaan mengenai layanan Instamoney (PT Syaftraco), silakan hubungi kami melalu Live Chat yang terdapat di situs www.instamoney.co atau melalui email di help@instamoney.co,” kata Mikiko menandaskan.


#Kasus #Uang #Juta #Tibatiba #Masuk #Rekening #Bukan #dari #Pinjol #Ini #Klarifikasi #Syaftraco #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts