Pemerintah Datangkan 50 ISO Tank dari Morowali untuk Penuhi Kebutuhan Oksigen

  • Whatsapp
Ilustrasi ISO Tank untuk penuhi kebutuhan oksigen
Penampakan ISO Tank yang biasa digunakan untuk mengangkut oksigen. Foto: DNA India.

Kebutuhan oksigen di rumah sakit Indonesia khususnya rujukan Covid-19 merupakan hal yang penting dan harus selalu terpenuhi. Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono mengatakan hingga kini pasokan oksigen di Indonesia masih cukup meski terjadi kenaikan keterisian ruang rawat intensif PICU dan NICU bagi anak yang terinfeksi Coronavirus dan juga kekurangan pasokan oksigen di Jawa Tengah

“Dan utility medis yang kami perlukan adalah oksigen. Dan oksigen ini secara kapasitas produksi sebenarnya mencukupi di seluruh Indonesia,” kata Dante dalam Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Read More

Dalam rakornas KPAI disebutkan dari total kapasitas NICU 707 ruangan hingga 29 Juni 2021 sudah terpakai 217 ruangan untuk anak yang terpapar virus Covid-19.

Kebutuhan oksigen di Indonesia bisa tercukupi karena pemerintah bekerja sama dengan berbagai pihak swasta yang memberikan bantuan iso tank berisi oksigen. Salah satunya dari Morowali, Sulawesi Tengah.

“Kita bekerjasama dengan pihak swasta, kita akan mendatangkan sekitar 50 ISO tank dari Morowali.” kata Dante

Selain Morowali, pemerintah juga mendapat bantuan ISO tank oksigen dari berbagai pihak lainnya. Jika bantuan dikumpulkan dan ditotal maka ada sekitar 866 ton oksigen per hari dan bisa mencukupi pasokan oksigen RI.

“Kemudian dengan bantuan Pertamina kita mendapatkan 5 ISO tank oksigen. Kemudian, dari beberapa pabrik kita kumpulkan, bahwa kita sebenarnya bisa menyediakan sekitar 866 ton per hari dan ini sudah mencukupi wilayah yang membutuhkan oksigen,” urai Dante.

Salah satu yang mendapat bantuan oksigen dari Morowali ialah Provinsi Jawa Tengah. Kebutuhan oksigen di Pulau Jawa baik Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur sedang sama-sama meningkat. Hal ini diungkap oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Kaitan dengan oksigen kita sudah rapat dengan menteri Menko dan kemarin beberapa cara dilakukan termasuk menyiapkan tabung. Beberapa yang punya tabung akan dipinjam. Kementerian yang akan melakukan itu. Karena memang di Jawa nampak-nampaknya kebutuhannya sama sama meningkat,” urai Ganjar.

Ganjar juga menjelaskan bahwa Jawa Tengah nantinya akan dibantu dan disuplai oksigen oleh daerah sekitarnya seperti Jawa Barat dan Jawa Timur ditambah bantuan dari Morowali.

“Nah khusus yang di Jawa Tengah karena pabrik di Kendal itu kecil, nanti akan dibantu dan disuplai dari Jawa barat dan Jawa Timur termasuk ada yang dari Morowali,”

Lebih lanjut, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo juga mengatakan bantuan oksigen yang dari Morowali akan diupayakan untuk Jawa Tengah oleh Kementrian Kesehatan.

“Bantuan oksigen dari Morowali itu Kementerian Kesehatan mengupayakan untuk di Jawa Tengah. Kalau dikatakan oleh Pak Wamenkes dalam waktu dekat,” kata Yulianto.

Related posts