Wagub DKI Sebut 148 Nakes Positif Covid-19, Ini Penjelasan RS Premier Jatinegara

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah Sakit (RS) Premier Jatinegara, Jakarta Timur, memberikan penjelasan terkait 148 tenaga kesehatan (nakes) mereka yang diketahui positif Covid-19 saat ditinjau Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, Senin (5/7/2021).

Manajer Operasional RS Premier Jatinegara Levina Avissa mengatakan, angka tersebut merupakan kumulatif jumlah nakes yang masih menjalani karantina penyembuhan Covid-19 ataupun hasil kontak erat (contact tracing).

“Kami akan langsung mengkarantina nakes yang bergejala ataupun dengan riwayat kontak, termasuk kontak dari luar RS,” kata Levina dalam keterangannya, Rabu (7/7/2021).

Langkah tersebut dari awal pandemi Covid-19 sudah dilakukan RS Premier Jatinegara, demi menjaga keselamatan pasien dan staf rumah sakit.

“Juga menjaga kualitas pelayanan RS kepada pasien non Covid-19 yang dilayani di RS Premier Jatinegara,” imbuh Levina.

Adapun RS Premier Jatinegara telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai rumah sakit rujukan Covid-19 melalui SK Gubernur No. 987/ 2020 tanggal 28 September 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Di RS Premier Jatinegara tidak hanya menerapkan protokol khusus untuk pelayanan pasien Covid-19, namun kami juga melakukan pengawasan dan evaluasi ketat untuk protokol proteksi nakes yang bekerja di zona risiko tinggi,” kata Levina.

“Kami Lakukan 3T (Testing, Telusur dan Terapi) kepada nakes atau karyawan yang bergejala, termasuk apabila riwayat kontak dari luar RS pun diminta untuk isolasi,” imbuhnya.

Data kemudian masuk dalam surveillance system RS yang dimonitoring dan dievaluasi ketat setiap hari oleh manajemen dan tim pengendalian infeksi.

Sebelumnya, Ahmad Riza Patria melakukan inspeksi mendadak (sidak) di RS Premier Jatinegara, Senin.

Di sana, Ariza – sapaan akrabnya, mengetahui sebanyak 148 tenaga kesehatan (nakes) dari RS tersebut terpapar Covid-19.

Semalam pukul 23.00 WIB kami ke RS Premier Jatinegara, yang bikin sedih, 148 orang tenaga kesehatan di sini positif COVID-19,” tulis Ariza dalam akun Instagramnya @arizapatria, Selasa (6/7/2021).

Ariza juga menyempatkan dialog dengan beberapa nakes di sana.

“(Kerja) delapan jam?” tanya Ariza.

“Kecuali malam, Pak. Dan Mereka pokoknya dalam seminggu 40 jam,” timpal salah satu nakes.

“Pulang ke rumah masing-masing? Setelah delapan jam kembali ke rumah?” tanya Ariza.

Kemudian, salah satu nakes menjawab dengan cara mengangguk.

Ariza juga menanyakan kabar keluarga dari nakes tersebut.

“Salam buat keluarga semuanya, yang berjuang luar biasa. Keluarga yang mengikhlaskan, memberi dukungan bantuan, mendoakan untuk nakes kita ini,” ucap Ariza.

Nakes tersebut mengucapkan terima kasih kepada Ariza.

#Wagub #DKI #Sebut #Nakes #Positif #Covid19 #Ini #Penjelasan #Premier #Jatinegara #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts