Speedtest Bisa Cek Kecepatan Internet Kuat untuk Streaming 4K atau Tidak

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Sering mengalami buffering ketika streaming video di YouTube atau aplikasi video-on-demand? Ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa jaringan internet yang Anda gunakan tak mampu mengimbangi resolusi yang dipilih ketika streaming.

Read More

Kabar baiknya, kini pengguna smartphone bisa mengetahui resolusi video terbaik yang bisa dipilih ketika streaming. Pengguna juga bisa mengetahui apakah jaringan internet yang digunakan bisa untuk streaming dengan kualitas 4K atau tidak.

Caranya ialah dengan melakukan tes kecepatan video di aplikasi Speedtest. Aplikasi garapan Ookla ini kedatangan fitur baru bernama “video test”, yang bisa digunakan untuk mengetahui resolusi maksimum dari video yang bisa dinikmati pengguna dengan kecepatan jaringan internet miliknya.

Seperti diketahui, selama ini, Speedtest menjadi salah satu aplikasi populer yang sering digunakan untuk menguji jaringan atau layanan internet yang berjalan di perangkat smartphone.

“Melakukan tes video akan memberi Anda informasi untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman streaming video Anda,” tulis Speedtest, sebagaimana dikutip KompasTekno dari di situs resmi Speedtest, Selasa (13/7/2021).

Seperti tes kecepatan internet biasa, fitur ini juga bisa langsung dijajal melalui aplikasi Speedtest versi terbaru, baik di ponsel Android maupun iOS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pantauan KompasTekno, fitur tes video ini sudah tersedia di aplikasi Speedtest versi 4.6.1 di ponsel Android.

Lantas bagaimana cara cek resolusi maksimal video untuk streaming di YouTube dan aplikasi video-on-demand lewat Speedtest?

Cara cek resolusi maksimum untuk streaming video

Pertama-tama, pastinya pengguna harus mengunduh atau meng-update aplikasi Speedtest ke versi paling baru. Berikut link unduh aplikasi Speedtest untuk Android dan iOS.

Setelah itu, buka dan jalankan aplikasi Speedtest. Di bagian bawah layar, pengguna tinggal memilih tab “video”.

Lalu klik ikon “play” berwarna kuning untuk memulai tes resolusi video terbaik yang bisa dinikmati di jaringan atau layanan internet milik pengguna.

“Aplikasi akan memulai pengujian video. Dan dalam satu menit, Anda akan memiliki hasil dan rekomendasi yang dapat gunakan untuk mengoptimalkan pengalaman streaming video Anda,” tulis Speedtest.

KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara cek resolusi maksimum video terbaik yang bisa dinikmati pengguna ketika streaming, melalui fitur tes video di aplikasi Speedtest.

Aplikasi Speedtest akan mulai melakukan pengujian dengan memutar serangkaian video pendek menggunakan adaptive bitrate streaming.

Setelah itu, aplikasi mulai memutar video dengan resolusi yang ditingkatkan, mulai 480p, 720p, hingga mencapai resolusi 4K.

Seiring dengan berjalannya tes video dengan resolusi video yang ditingkatkan itu, pengujian akan berhenti bila jaringan internet pengguna tidak mampu melanjutkan ke resolusi selanjutnya yang lebih tinggi.

Nah, setelah itu hasil resolusi video maksimum terbaik yang bisa dinikmati pengguna akan muncul di aplikasi Speedtest, berikut dengan load time (waktu muat) dan persentase buffering.

Contoh hasil pengujian

Resolusi video maksimum terbaik yang bisa dinikmati di jaringan First Media milik KompasTekno ialah 480p.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Resolusi video maksimum terbaik yang bisa dinikmati di jaringan First Media milik KompasTekno ialah 480p.

KompasTekno menjajal tes video ini di dua jaringan berbeda.

Hasilnya, ternyata resolusi maksimum terbaik yang bisa dinikmati melalui koneksi yang kami gunakan ialah 480p, dengan load time 5.421 ms dan buffering 0 persen.

Sebagai informasi tambahan, sebelum melakukan tes video, kami juga melakukan test kecepatan koneksi jaringan kami.

Hasilnya, jaringan yang kami gunakan memiliki kecepatan unduh (download) sebesar 0,61 Mbps dan unggah (upload) sebesar 0,01 Mbps dengan latensi (latency) 32 ms.

 

Hasil tes video jaringan 4G by.U di aplikasi Speedtest, menunjukkan resolusi maksimum terbaik ialah di 360p.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil tes video jaringan 4G by.U di aplikasi Speedtest, menunjukkan resolusi maksimum terbaik ialah di 360p.

Sedangkan saat menggunakan jaringan internet lainnya, tercatat hanya mampu memberikan resolusi maksimum 360p, dengan load time 2.411 ms dan buffering 37 persen.

Kecepatan koneksi kami tercatat memiliki kecepatan unduh (download) sebesar 3,95 Mbps dan unggah (upload) sebesar 1,42 Mbps dengan latensi (latency) 19 ms.

Itu dia cara mudah cek resolusi maksimal video untuk streaming. Nah, berapa resolusi maksimal yang bisa Anda dinikmati di YouTube dan aplikasi video-on-demand, dengan jaringan milik Anda?

#Speedtest #Bisa #Cek #Kecepatan #Internet #Kuat #untuk #Streaming #atau #Tidak #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts