Sandiaga Uno: Covid-19 Mendorong Inovasi di Dunia Kerja

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menilai pandemi Covid-19 yang terjadi lebih dari setahun mendorong berbagai inovasi di bidang tenaga kerja.

Read More

Menurut dia, banyaknya orang yang mengalami PHK menjadi tantangan untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan dunia kerja, salah satunya melalui upscaling.

Sebab, saat ini, 60 persen lapangan pekerjaan adalah lapangan kerja yang tidak ada sebelumnya.

“Yang sudah terjadi, Covid-19 ini memaksa kita untuk betul-betul berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Salah satunya adalah bagaimana kita melakukan upscaling dengan meningkatkan keterampilang kita,” kata Sandiaga dalam pembukaan Glints X Career Week, Rabu (21/7/2021).

Sandiaga mengatakan, saat ini 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami tekanan, dan kehilangan pekerjaan serta mata pencarian mereka.

Maka dari itu, penting untuk melihat dan mencari peluang di masa sulit ini. Salah satunya adalah menjadi bagian dari transformasi yang diakselerasi oleh proses digitalisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ini adalah bagian daripada transformasi yang diakselerasi oleh proses diigtialisasi. Peningkatan disrupsi digital ini menjadi peluang dan tantangan pada waktu bersamaan. Saya yakin ekonomi kreatif kita akan mempu menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan talenta yang bisa mengisi ekosistem dari ekonomi digital,” jelas dia.

Sandiaga mengungkapkan, di masa pandemic Covid-19 ini, beberapa sektor digital terus mengalami perkembangan, seperti games developer, televisi, dan konten kreatif.

Sementara di sektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, fashion, dan kria tetap mendominasi.

“Data yang menggembirakan, dan kita melihat akselerasi digitalisasi ini mendorong masyarakat yang tadinya berjualan online untuk menciptakan konten kreatif. Kita berharap mampu menjadi pemenang dengan tetap bertahan dan menciptakan peluang kerja untuk masyarakat kita, terutama berkaitan dengan transformasi menuju digitalisasi,” jelas dia.

Saat ini, sudah ada beberapa program Kemenparekraf yang bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi kreatif, seperti Beli Kreatif Lokal, Beli Kreatif Danau Toba, dan juga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

#Sandiaga #Uno #Covid19 #Mendorong #Inovasi #Dunia #Kerja #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts