Cara Benar Mengonsumsi Buah agar Vitamin Bisa Terserap Maksimal

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral alami yang paling bagus untuk tubuh. 

Read More

Jadi di masa pandemi dan Anda butuh meningkatkan imun, alangkah lebih baik jika Anda berlari ke buah-buahan daripada mengonsumsi suplemen berbahan kimia secara membabi buta.

Buah-buahan jelas lebih aman karena tak mengandung zat kimia seperti pengawet. Sehingga buah bisa aman dikonsumsi kapan saja dan oleh siapa saja.

Meski begitu, ada beberapa tips tertentu yang bisa Anda aplikasikan agar Anda bisa mendapatkan vitamin, nutrisi dan mineral secara maksimal dari buah yang ada.

Tips ini menyangkut bagaimana cara mengonsumsi beberapa varian buah, dan memilah waktu yang tepat untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut.

Berikut adalah tips mengonsumsi buah, dicukil dari Times of India:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Jangan mencampur buah-buahan

Unsplash/Mike Kennealy Ilustrasi buah beku

Tips pertama, jangan mencampur buah-buahan dalam satu piring kemudian mengonsumsinya secara bersamaan hingga tandas.

Meskipun salad buah terlihat sangat sehat dan menggoda, namun Anda tak akan bisa menyerap secara maksimal seluruh vitamin yang terkandung pada setiap buah yang ada.

Untuk menyerap vitamin dan mineral pada apel misalnya, Anda harus mengonsumsi apel secara solo alias tidak mencampurnya dengan buah-buahan yang lain.

Menurut resep dari pengobatan kuno Ayurveda, buah juga jangan dikonsumsi sebelum atau setelah Anda mengonsumsi jenis sajian lain. 

Ketika buah dikonsumsi hampir bersamaan dengan jenis sajian lain, buah justru akan memancing produksi asam berlebih yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung dan heartburn dan diare.

2. Konsumsilah buah di pagi hari

Ilustrasi buah jeruk. FREEPIK/WIRESTOCK Ilustrasi buah jeruk.

Pemahaman bahwa mengonsumsi buah ketika perut kosong justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan adalah mitos yang salah.

Karena menurut Ayurveda, waktu terbaik mengonsumsi buah justru ketika Anda belum mengonsumsi apapun, semisal di pagi hari.

Ketika Anda mengonsumsi buah di pagi hari, seluruh kandungan vitamin dan mineral pada buah akan terserap maksimal dan akan digunakan tubuh sebagai sumber energi ketika Anda beraktifitas seharian penuh.

Atau Anda bisa pula mengonsumsi buah sebelum makan siang dan makan malam, atau setelah Anda berolahraga.

3. Jangan diolah menjadi jus

Ilustrasi jambu kristalShutterstock/dwi putra stock Ilustrasi jambu kristal

Mengolah buah menjadi jus bukan cara paling tepat untuk mengambil nutrisi dan vitamin dari buah-buahan.

Karena pada sajian jus, Anda biasanya membuang bagian kulit dan bagian tengah atau biji-bijian yang sebenarnya paling banyak menyimpan vitamin. Seperti misalnya pada apel dan jambu air.

Jadi cara terbaik mengonsumsi buah adalah dengan mengigitnya dan mengunyahnya begitu saja secara pelan-pelan. Nikmati setiap gigitan yang ada, dan rasakan sensasi keluarnya sari buah yang mengalir pelan membasahi rongga mulut.

4. Jangan dikonsumsi menjadi penutup sajian

Ilustrasi buah pepayaSHUTTERSTOCK Ilustrasi buah pepaya

Mengudap buah di akhir sajian bukanlah kebiasaan yang bagus untuk dilakukan.

Karena buah-buahan akan mengalami proses fermentasi dengan cepat sebelum menjadi satu dengan sajian yang dikonsumsi sebelumnya.

Hal ini, bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada gangguan pencernaan seperti perut yang kembung atau begah.

Empat tips di atas bisa dipraktikkan jika Anda ingin mengambil khasiat secara maksimal yang ada pada buah-buahan.

Jika mengonsumsi buah di pagi hari membuat Anda ragu, Anda bisa memilih buah yang relatif aman untuk dikudap di pagi hari. Semisal memilih pisang atau pepaya, yang tak memiliki kadar asam terlalu tinggi. 

 

#Cara #Benar #Mengonsumsi #Buah #agar #Vitamin #Bisa #Terserap #Maksimal #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts