Simak Biaya Rontgen di Berbagai RS di Indonesia

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Rontgen adalah salah satu layanan rumah sakit yang cukup sering dilakukan saat melakukan perawatan. Biaya rontgen sendiri bervariasi antar setiap rumah sakit maupun laboratorium kesehatan.

Read More

Rontgen adalah tindakan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik guna mendapatkan gambar bagian dalam dari tubuh seseorang, seperti paru-paru, tulang, sendi, perut, leher, gigi, hingga saluran pencernaan.

Di Indonesia, rontgen seringkali disebut ronsen. Prosedur ini digunakan untuk membantu dokter melakukan diagnosa masalah kesehatan atau memantau perkembangan kondisi kesehatan selama masa perawatan.

Cara kerja foto rontgen adalah dengan menggunakan sinar X-ray untuk memindahkan radiasi frekuensi tinggi ke seluruh tubuh. Sinar ini kemudian ditangkap pada gambar dengan bagian-bagian tubuh yang berbeda menjadi terlihat karena perbedaan warna pada gambar.

Selain menggunakan sinar X-ray, rontgen juga bisa menggunakan gelombang ultrasound atau lebih dikenal dengan USG yang banyak dipakai untuk memantau kehamilan.

Lalu berapa biaya rontgen yang berlaku di berbagai rumah sakit di Indonesia yang bisa jadi patokan biaya berobat?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain kebijakan masing-masing rumah sakit, biaya rontgen sangat bergantung dengan jenis pemeriksaan. Beberapa rumah sakit membedakan tarif berdasarkan rontgen kecil, rontgen sedang, rontgen besar, dan kategori rontgen khusus.

Namun lazimnya, biaya rontgen di rumah sakit milik pemerintah relatif lebih rendah ketimbang rumah sakit swasta.

Ada ratusan jenis layanan pemeriksaan rontgen. Namun sebagai patokan, biaya rontgen bisa menggunakan standar rontgen thorax atau rontgen dada yang cukup umum di masyarakat.

Dikutip dari berbagai situs resmi rumah sakit di Indonesia, biaya rontgen thorax berkisar antara Rp 80.000 sampai Rp 300.000 untuk sekali pemeriksaan.

Sementara biaya rontgen perut relatif lebih mahal dibandingkan biaya rontgen thorax yang berkisar antara Rp 250.000 sampai Rp 900.000.

Rontgen lainnya yang cukup banyak dilakukan masyarakat adalah jenis rontgen gigi atau panoramic. Biaya rontgen panoramic berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 untuk sekali pemeriksaan.

#Simak #Biaya #Rontgen #Berbagai #Indonesia #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts