Teknik Start yang Baik dalam Lompat Jauh

  • Whatsapp

KOMPAS.com – Start atau awalan yang baik adalah faktor penting dalam olahraga lompat jauh. Adapun, start lompat jauh diawali dengan posisi dari start berdiri.

Read More

Lompat jauh atau long jump merupakan salah satu nomor yang terdapat pada cabang olahraga atletik kategori lompat.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lompat jauh adalah bentuk olahraga berupa melompat ke depan dengan bertolak pada satu kaki untuk mencapai suatu kejauhan yang dapat dijangkau.

Dengan kata lain, suatu gerakan melompat ke depan dengan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak disebut lompat jauh.

Tujuan utama lompat jauh adalah melompat sejauh mungkin. Jarak lompatan diukur mulai dari titik tumpuan lompat sampai dengan jejak pertama di kotak pasir sesudah melompat.

Untuk mendapatkan hasil lompatan maksimal, seorang atlet lompat jauh harus menguasai empat teknik dasar yaitu teknik awalan atau start, teknik tolakan, teknik badan saat melayang di udara, dan teknik pendaratan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teknik start sangat penting karena menjadi tahapan awal dalam lompat jauh.

Lantas bagaimana teknik start yang baik dalam lompat jauh?

Dilansir dari situs web Myactivesg.com, teknik awalan dalam lompat jauh diawali dengan berlari atau run up.

Pelompat memiliki kesempatan untuk membangun momentum kecepatan maksimal dengan cara berlari. Adapun jarak awalan lompat jauh yaitu 30-45 meter.

Untuk mendapatkan start yang baik, pelompat harus bisa berlari dengan kecepatan yang konsisten. Sebab, kecepatan lari sangat memengaruhi hasil lompatan.

Oleh karena itu, seorang atlet lompat jauh juga harus menguasai teknik lari.

Atlet lompat jauh putra biasanya membutuhkan 20 langkah kaki ketika melakukan tahap awalan. Sementara atlet putri membutuhkan 16 langkah kaki.

Bagi pelompat pemula, mereka umumnya membutuhkan sekitar 8 langkah untuk memulai latihan. Jika sudah terbiasa, jumlah langkah kaki bisa ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam start lompat jauh adalah jangan pernah ragu-ragu saat mendekati papan pijakan.

Momentum yang tepat saat melakukan tolakan kaki di papan pijakan juga sangat memengaruhi hasil lompat jauh.

#Teknik #Start #yang #Baik #dalam #Lompat #Jauh #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts