Bakal Dikelola Konsorsium Jepang-Indonesia, Pelabuhan Patimban Beroperasi Desember 2021

  • Whatsapp

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihak Jepang akan segera membentuk konsorsium untuk mulai mengelola Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Desember 2021 mendatang.

Read More

PT Pelabuhan Patimban Internasional bersama Toyota Tsusho Corporation akan segera menyelesaikan kesepakatan membentuk joint venture (konsorsium) untuk mengoperasikan Car Terminal dan Container Terminal di Pelabuhan Patimban.

“Nanti bulan Desember 2021 akan mulai dioperasikan. Sekarang pada tahap-tahap akhir mereka akan selesaikan. Tentunya mereka menjanjikan ini akan berjalan baik,” ujar Budi Karya dalam konferensi pers virtual, Selasa (6/9/2021).

 

Ia pun telah meminta dukungan pemerintah Jepang untuk mempercepat proses perundingan kedua pihak agar Pelabuhan Patimban bisa segera beroperasi. Hal itu dilakukannya melalui kunjungan kerja ke Jepang sejak 5 September 2021.

Menurutnya, pemerintah Jepang juga menyatakan mendukung optimalisasi Pelabuhan Patimban dengan mengajak para perusahaan industri otomotif dan operator pelabuhan asal Jepang, untuk turut memanfaatkan Pelabuhan Patimban

Di sisi lain, Budi Karya turut meminta dukungan pemerintah Jepang untuk mendorong tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) dalam proyek pembangunan Pelabuhan Patimban tahap 1-2. Dalam hal ini, nantinya akan lebih banyak perusahaan Indonesia yang dilibatkan dalam proyek tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

“Hal itu membutuhkan dukungan dari pemerintah Jepang, dan kami juga melobi pemerintah Jepang agar TKDN semakin ditingkatkan. Kami harapkan pada fase-fase pekerjaan yang ada di Patimban akan menimbulkan efesiensi apabila menggunakan TKDN,” jelas dia.

#Bakal #Dikelola #Konsorsium #JepangIndonesia #Pelabuhan #Patimban #Beroperasi #Desember #Halaman

Klik disini untuk lihat artikel asli

Related posts